Sudah Siap Menikah? Ladies, Cek Dulu Tanda Pra-Nikah Ini

Bagi perempuan, pernikahan kadang diidentikkan dengan usia. Ada saja orang yang beranggapan perempuan harus segera menikah di usia yang makin bertambah. Padahal, ada hal yang jauh lebih penting daripada sekadar usia loh. Pertanyaan sudah siap menikah atau belum menjadi masalah tersendiri bagi perempuan, baik yang sudah memiliki calon pasangan maupun yang belum.

Seorang perempuan memang harus benar-benar siap lahir dan batin sebelum memutuskan untuk menikah. Jika kamu juga tengah mengalami masalah yang sama, ada baiknya kamu periksa beberapa checklist pernikahan berikut. Setelah itu, kamu bisa tentukan apakah kamu sudah siap menikah atau belum. Simak baik-baik ya!

Sebelum Menjawab Sudah Siap Menikah atau Belum, Sudahkah Kamu Mencintai Dirimu Sendiri?

Sebelum bisa mencintai dan menyayangi orang lain, kamu seharusnya sudah bisa mencintai dan menghargai diri sendiri. Hal ini dirasa sangat penting karena ketika kamu bisa memperlakukan dirimu sendiri dengan layak, maka kamu pun bisa memberikan kasih sayang yang tepat pula buat orang lain.

Cek deh, apakah kamu masih suka merasa rendah diri dan kurang puas pada diri sendiri? Ingat, love yourself first!

Baca Juga: Mantap Menikah? Sebaiknya Lakukan Beberapa Pemeriksaan Berikut Ini

Apakah Kamu Sudah Menjadi Sosok yang Cukup Menyenangkan bagi Laki-Laki?

Kamu perlu hati-hati nih, mencintai diri sendiri bukan berarti kemudian menjadi egois ya. Kamu juga harus bisa memperlakukan sesama, terutama laki-laki, dengan baik pula. Belajarlah untuk menjadi sosok yang menyenangkan bagi laki-laki.

Menyenangkan bukan berarti kamu harus humoris atau cantik. Minimal bangun kepribadian yang nyaman untuk laki-laki bercerita. Tentu laki-laki akan lebih suka perempuan yang pintar, supel, dan ceria daripada perempuan jutek bukan? Ini menjadi salah satu poin penting apakah kamu sudah siap menikah atau belum.

Sudah Siapkah Kamu menjadi Istri dan Ibu?

Membangun sebuah pernikahan tentu jauh berbeda dibandingkan berpacaran. Ketika memutuskan untuk menikah, maka kamu harus siap menjadi penolong bagi pasangan. Peran baru sebagai istri akan kamu dapat. Sebagai seorang istri, kamu akan melakukan pekerjaan rumah tangga, melayani suami, dan menjadi teman bagi suamimu. Ini bukan hal yang sepele loh.

Ketika kamu belum tergerak untuk bisa melayani sepenuh hati, bisa-bisa kamu justru frustrasi ketika menjadi seorang istri kelak. Kenapa? Karena kamu bukan hanya memenuhi keperluanmu saja, melainkan keperluan suami. Bahkan, kamu juga harus siap menjalani peran double sebagai istri dan ibu. Nah, apakah kamu sudah siap menikah?

Pertanyaan Penting Lain: Sudahkah Kamu Benar-Benar Mengenal Keluarga Pasanganmu?

Menikah dengan pasanganmu berarti sepaket dengan menikahi keluarganya. Kamu harus tahu kalau beberapa kasus pertengkaran antara suami dan istri berasal dari masalah keluarga masing-masing. Jika kamu tengah menjalani hubungan yang serius dengan pasangan, memantapkan hati juga untuk mengenal keluarganya.

Jangan sampai ada perasaan mengganjal yang kamu simpan sendiri. Bayangkan, siapkah kamu menerima keluarga besarnya? So, ternyata pertanyaan sudah siap menikah atau belum melibatkan banyak hal juga ya!

Apakah Kamu Sudah Siap Berjalan dengan Rencana yang Dibangun Bersama Pasangan?

Sebelum memutuskan untuk menikah, pastinya kamu dan pasangan akan membicarakan masa depan bersama. Pastikan kamu benar-benar terlibat dalam rencana yang dia buat juga. Utarakan pendapatmu jika ada hal yang membuatmu keberatan.

Jangan sampai kamu sendiri ragu dengan rencana yang kalian buat, tetapi tidak sempat menyampaikannya. Indikasi ketika kamu dan pasangan sudah siap menikah adalah ketika kalian sama-sama bisa mencari solusi dari masalah yang muncul di rancangan masa depan tersebut.

Itu tadi beberapa checklist yang bisa membantu kamu menjawab pertanyaan sudah siap menikah atau belum. Tentu saja masih banyak hal lain yang harus kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk menikah. Ada baiknya mulai sekarang kamu belajar untuk memenuhi checklist di atas. Percayalah, jika waktunya sudah tepat dan kamu siap, kamu tidak perlu galau lagi untuk memutuskan menikah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here