Tanda-Tanda Orang yang Memiliki Percaya Diri Rendah

percaya diri rendah
Sumber: blogspot

Tingkat kepercayaan diri tiap orang berbeda-beda. Hal ini karena tidak semua orang lahir dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Orang yang kurang percaya diri biasanya akan minder jika mereka merasa kurang atau pun tidak memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan orang lain. Tidak heran jika orang yang kurang percaya diri atau percaya diri rendah biasanya lebih mudah terintimidasi oleh lingkungan di sekitarnya.

Padahal saat masuk ke dunia kerja, percaya diri seseorang sangatlah dibutuhkan untuk menunjang performa kerja yang dihasilkan. Selain itu, percaya diri juga diperlukan untuk membangun imej yang baik di mata rekan kerja atau atasan. Bahkan percaya diri juga dibutuhkan saat melakukan presentasi atau pun bertemu dengan client sehingga percaya diri perlu Anda miliki.

Namun sayangnya, untuk memiliki rasa percaya diri itu tidak instan. Perlu dorongan dari diri sendiri dan orang terdekat untuk membangun rasa percaya diri terutama bagi mereka yang memang memiliki tingkat percaya diri rendah. Berikut sejumlah tanda yang menunjukkan tingkat percaya diri rendah.

Tanda Orang yang Memiliki Percaya Diri Rendah

Kurang Senang Menerima Pujian

kurang senang

Biasanya orang yang memiliki percaya diri rendah kurang begitu suka dengan pujian karena mereka akan lebih peduli apabila menerima kritikan. Itulah mengapa mereka biasanya akan merasa aneh ketika mendapatkan pujian, karena mereka merasa tidak pantas mendapatkan pujian tersebut. Padahal, orang normal biasanya mengucapkan terima kasih bila mendapat pujian.

Meminta Maaf untuk Hal yang Tidak Jelas

meminta maaf

Seringkali orang yang memiliki percaya diri rendah meminta maaf untuk hal-hal yang sebenarnya tidak dilakukannya. Mereka tidak melakukan kesalahan apapun, namun tetap meminta maaf. Bahkan, sebelum Anda sempat melihat hasil pekerjaan mereka. Hal ini membuat mereka terlihat lemah dan tidak mampu melakukan apapun.

Merendahkan Dirinya Sendiri

merendahkan diri

Orang dengan kepercayaan diri kurang juga biasanya akan merendahkan diri mereka sendiri, dengan mengatakan bahwa mereka tak cukup baik dan yang lainnya. Bahkan mereka pun sering menjelekkan dirinya untuk bahan lelucon sebelum orang lain melakukan atau saat tidak ada orang lain yang berpikiran buruk tentangnya. Kepercayaan diri yang rendah ini tentu membuat mereka merasa terkucilkan sendiri padahal orang-orang di sekitarnya tidak berpikir demikian.

Sulit Membuat Keputusan

ragu

Tidak jarang mereka sulit memutuskan suatu keputusan karena mereka bukan pihak yang memberi keputusan. Kondisi ini seringkali membuat mereka berada di pihak yang menerima keputusan. Bahkan mereka cenderung pasrah dengan keputusan yang dibuat dan tidak berani mengungkapkan pendapatnya karena takut salah. Hal ini membuat mereka sulit menentukan pilihan yang menurut orang lain mudah sekalipun. Umumnya hal ini diakibatkan karena meraka tidak berani mengambil risiko atas keputusan yang diambil.

Mungkin jika Anda bertemu dengan orang yang seperti ini, Anda akan kasihan melihatnya. Untuk itu, dukunglah mereka, tunjukkan bahwa mereka juga bisa melakukannya. Anda juga bisa memberikannya kesempatan untuk melakukan hal lebih sehingga percaya dirinya bisa tumbuh dengan sendirinya. Karena umumnya orang dengan kepribadian rendah seperti ini tidak bisa melakukan semuanya sendiri dan selalu membutuhkan dukungan orang lain.

Tapi ingat, percaya diri yang terlalu berlebihan juga tidaklah baik di mata rekan kerja maupun atasan karena akan menimbulkan kesan sombong pada diri Anda. Jangan sampai karena Anda terlalu percaya diri, Anda menolak bantuan orang lain bahkan menjadi orang yang individualis. Ini tentu sangat menyebalkan di mata karyawan yang lainnya.