Tanda Jelas Kamu Seorang Workaholic dalam Bekerja, Hati-Hati Ya!

Apakah kamu seorang yang workaholic dalam bekerja? Sering sekali kebanyakan karyawan tidak menyadari kalau dirinya terlalu berlebihan saat bekerja alias workaholic. Padahal, tidak selamanya menjadi workaholic itu baik untuk kesehatan mental dirimu loh.

Waspadai jika tanda-tanda workaholic dalam bekerja ini ada pada dirimu. Jangan sampai kamu keasyikan bekerja hingga lupa punya kehidupan pribadi yang jauh lebih penting!

Ambisius

Kamu ingin selalu jadi yang terbaik dalam tim di kantor? Kamu akan melakukan segala cara demi bisa lekas promosi? Atau kamu enggan berbagi ilmu pada rekan kerja karena menganggapnya sebagai pesaing?

Jika kebanyakan jawabanmu adalah “iya”, bisa jadi kamu memang workaholic dalam bekerja nih. Tidak ada yang salah dengan punya tujuan dalam berkarier, tapi jangan sampai ambisius ya. Gairah yang terlalu menggebu pada pekerjaan bisa membutakan matamu juga loh.

Isi Pikiran: Kerja, Kerja, Kerja

Andai pikiranmu lebih banyak dihabiskan untuk kerja, kerja, dan kerja; besar kemungkinan kamu adalah seorang workaholic. Kamu nyaris menghabiskan semua waktumu hanya demi bekerja tanpa memberi ruang untuk kegiatan lain. Parahnya, masalah pekerjaan bisa juga kamu bawa hingga menjelang tidur.

Terlalu banyak berpikir akan pekerjaan tentu tidak baik untuk kesehatan pikiranmu. Bayangkan bagaimana panasnya otak kamu jika dipaksa untuk menyelesaikan masalah kantor melulu? Bukankah kamu tetap butuh jeda untuk beristirahat dengan cukup?

Baca Juga: Mental Juara Karyawan yang Patut Kamu Miliki, Apa Saja?

Enggan Bersosialisasi

Workaholic dalam bekerja juga bisa ditunjukkan dengan hubungan sosial dengan sesama rekan kerja. Apakah kamu sering menolak ajakan makan siang bersama rekan lain? Alih-alih menikmati makan siang dengan santai, kamu justru memilih makan sendirian sambil meneruskan bekerja.

Ya, terlalu memfokuskan diri pada pekerjaan pun bukan hal baik. Ruang untuk bersosialisasi pun berkurang karena kamu merasa bekerja itu lebih penting. Padahal, sanggupkah kamu bekerja dengan nyaman jika tidak punya relasi baik dengan rekan kerja lain?

Jarang Menolak Pekerjaan

Tanda jelas jika kamu seorang workaholic adalah hampir tidak pernah menolak pekerjaan dari atasan. Bahkan, kamu tidak peduli jika pekerjaan tersebut jelas-jelas di luar lingkup kerjamu. Sifat suka dan mau bekerja yang kamu miliki begitu jeli ditangkap atasanmu.

Melakukan tugas dari atasan memang baik, tapi pikirkan juga apakah kamu harus mengerjakan semua yang dia minta. Terlebih saat sebenarnya beban kerjamu pun sudah tinggi daripada yang lain. Ingat, tidak selamanya menyenangkan atasan membuatmu terlihat sebagai karyawan teladan.

Kamu bisa menilai sendiri, apakah kamu termasuk workaholic dalam bekerja atau tidak. Ada baiknya kamu tetap memberi ruang bagi diri sendiri untuk istirahat, bukan kerja melulu. Semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here