Terjebak di Zona Nyaman Bisa Jadi Bencana, Ini Tandanya!

Terjebak di zona nyaman bisa dialami oleh siapa saja. Terlalu lama di jabatan atau perusahaan tertentu tanpa sadar membuat kamu bisa berada di tempat ternyaman. Meski hidupmu jarang terusik, ternyata tak selamanya zona nyaman baik untukmu.

Terlalu terlena saat di zona nyaman akan menjadi bencana tersendiri buat kamu. Berikut tanda kamu sudah terlanjur mengajar kuat pada posisi ternyamanmu.

Saat Sudah Terjebak di Zona Nyaman, Kamu Merasa Tidak Butuh Kerja Keras Terlalu Banyak

Pernahkah kamu merasa pekerjaanmu terlalu biasa sehingga kamu sadar tidak butuh banyak usaha untuk melakukannya? Apakah kamu setuju kalau yang selama ini kamu kerjakan kadang tidak lebih dari sekadar rutinitas biasa? Kalau jawabanmu adalah iya, mungkin benar zona nyaman cukup membelenggu dirimu.

Tentu tidak ada yang salah dari hidup di tempat aman dan nyaman. Namun, saat kamu terlalu merasa nyaman, itu bisa berubah menjadi bahaya. Kamu akan kehilangan gairah untuk bekerja lebih cerdas dan tidak kemampuan bekerja pun tidak akan berkembang.

Waktu Terasa Lambat Membuat Kamu Terjebak di Zona Nyaman

Apa yang kamu rasakan dan bayangkan saat bekerja di kantor? Kamu wajib waspada jika seharian di kantor hanya kamu habiskan dengan bekerja sambil membayangkan jam pulang tiba. Kamu sudah tak sabar menanti selesai bekerja sehingga waktu di kantor terasa amat lambat.

Kenyamanan dalam berkarier menjadikanmu tidak menginginkan banyak hal selain hal yang mudah dilakukan, yaitu pulang kerja. Kamu tidak punya minat besar untuk melakukan pekerjaan dengan cara atau inovasi lain untuk mengembangkan diri. Waktu yang terasa lambat pun lama-lama membuat kamu bosan seharian di kantor.

Baca Juga: Perlu Ganti Karier? Kenali Tanda dan Caranya untuk Sukses

Terjebak di Zona Nyaman Menjeratmu hingga Enggan akan Perubahan

Parahnya, terlarut dalam zona nyaman bisa menjadikanmu sosok yang anti terhadap perubahan. Kamu enggan menerima perubahan atau hal-hal baru lantaran cukup malas untuk memulainya. Bagimu, apa yang sudah ada selama ini sudah cukup untuk dilakukan.

Sikap menolak perubahan hanya akan merugikan dirimu. Kamu dapat tertinggal dari rekan-rekan kerja atau teman sebayamu yang selalu haus belajar. Kamu memperlambat dirimu untuk maju, bahkan pelan-pelan bisa mematikannya.

Jebakan Zona Nyaman Menjadikanmu Tidak Pernah ke Mana-Mana

Pada akhirnya, terjebak di zona nyaman tidak akan pernah membawamu ke tempat atau hal baru. Kamu hanya akan berada di situ-situ saja untuk jangka waktu yang panjang. Mungkin awalnya kamu tidak mempermasalahkan hal tersebut, tetapi kelak kamu merasa betapa jauh tertinggal dari orang-orang lain.

Apakah kamu yakin akan terus-menerus aman dan nyaman di tempat yang sama? Hidup tanpa mengasah kemampuan diri bisa jadi bencana saat kamu tak sanggup ikuti arus perubahan zaman.

Apakah kamu merasa terjebak di zona nyaman? Semoga kamu tidak enggan untuk belajar dan mencari hal-hal baru ya, terutama untuk menunjang kariermu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here