Cermati Tanda Kamu Tidak Lolos Wawancara Biar Nggak Galau Melulu

Tidak lolos wawancara kadang menjadi mimpi buruk tersendiri bagi para pencari kerja. Setelah wawancara selesai, biasanya kamu akan merasa cemas atau galau. Pertanyaan “lolos atau tidak ya?” selalu membayangi hingga bisa juga membuatmu frustrasi.

Agar hati tenang, kunci penting yang harus kamu lakukan setelah wawancara adalah merelakan dan melepaskan hasilnya. Bahkan, sebenarnya kamu sendiri pun bisa loh menilai apakah wawancaramu berjalan lancar atau tidak. Berikut tanda kamu tidak lolos wawancara yang bisa kamu lihat seusai wawancara berakhir.

Tanda Tidak Lolos Wawancara Bisa Dilihat dari Gaya Pewawancara yang Tidak Begitu Antusias

Coba ingat kembali gesture atau gaya pewawancara kemarin. Apakah selama wawancara dia menunjukkan antusiasme dan sungguh-sungguh memerhatikan kamu? Jika jawabannya tidak, bisa jadi itu menjadi pertanda awal kalau wawancaramu gagal.

Seorang pewawancara yang kurang memerhatikanmu biasanya lebih suka mengalihkan pandangan ke berkas-berkas dokumenmu atau hanya merespon jawabanmu dengan singkat. Dia enggan bertanya lebih jauh dan terkesan ingin segera mengakhiri wawancara. Semoga hal ini jarang terjadi padamu ya.

Kalau Hanya Berlangsung Kurang dari 15 Menit, Bisa Jadi Kamu Tidak Lolos Wawancara

Ketertarikan pewawancara padamu sebenarnya dapat dilihat dari kualitas isi wawancara yang berlangsung. Andai kamu selalu mendapat feedback selalu baik, maka wawancara pasti bisa terjadi lebih lama tanpa kamu sadari. Namun, ada juga yang justru berlangsung sebaliknya.

Wawancara kurang dari 15 menit adalah ciri dari wawancara kurang berkualitas. Pewawancara cukup hanya “mengupas” dirimu dari luar tanpa perlu mendalaminya kembali. Bisa jadi sedari awal pewawancara memang tidak tertarik untuk merekrutmu sehingga wawancara dilakukan sebatas formalitas belaka.

Baca Juga: Sarjana Menganggur Semakin Banyak, Mungkin Ini Penyebabnya!

Tidak Ada Kabar Setelah Dua Minggu Wawancara Dilaksanakan

Tanda tidak lolos wawancara berikutnya adalah perusahaan yang tidak kunjung menghubungimu. Setelah wawancara, biasanya pewawancara akan memintamu menunggu dua minggu untuk kabar selanjutnya. Nah, masa tunggu inilah yang kadang menjadi poin krusial.

Kamu akan merasa cemas saat menanti panggilan lanjutan tersebut tiba. Kalau sudah lewat dua minggu sejak wawancara tanpa ada panggilan dari perusahaan, bisa dipastikan kamu gagal. Jadi, siapkan hati untuk lebih tenang saat perusahaan “menggantung status” selama dua minggu tersebut ya.

Intinya, siapkan hati dan mental untuk menerima kenyataaan jika pada akhirnya tidak lolos wawancara. Jangan jadi frustrasi saat menerima kegagalan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here