Toxic Friendship, Yuk Kenali 5 Tandanya Berikut Ini

Saat menjalin hubungan pertemanan kamu seharusnya menikmati obrolan dan pergaulan tersebut. Jadi, saat kamu sudah mulai merasa takut untuk berinteraksi dengan salah satu dari teman, maka ini adalah pertanda kamu terjebak dalam toxic friendship.

Melansir Women’s Health UK, persahabatan yang beracun dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang menyebabkan kamu stres atau sakit emosional secara berkelanjutan. Namun, perilaku tertentu bisa menjadi tanda bahaya juga.

Jadi, jika kamu curiga bahwa kamu mungkin memiliki teman yang toxic tetapi tidak yakin, pertimbangkan apakah kamu sering sering mendapati dirimu terjebak dalam situasi seperti di bawah ini atau tidak. Sebab berikut ini adalah tanda kamu berada dalam toxic friendship yang tidak sehat.

Mereka Tidak Pernah Bertanya Kabarmu

Jika kamu memiliki seorang teman yang sepertinya selalu berbicara tentang dirinya sendiri, kamu mungkin memikirnya sebagai sifat yang egois. Mereka mati-matian mencari perhatian dan persetujuan dari dirimu. Tentu hal ini melelahkan dan sinyal ada sesuatu yang tidak seimbang dalam pertemanan kalian.

Kamu dapat mencoba mengarahkan fokus mereka kepada dirimu. Tapi, jika teman-temanmu tetap hanya terjebak dalam masalahnya sendiri, maka ini sebuah tanda bahwa kamu terjebak dalam toxic friendship.

Baca Juga: Keluar dari Toxic-Work Environment, Lakukan dengan Cara Terukur!

Mereka Mengkritik, Tapi Tidak Pernah Konstruktif

Seorang teman tidak harus menganggap semua yang kamu lakukan itu luar biasa. Ada kalanya kamu membutuhkan suatu kritik dan pendapat. Perbedaan terbesar antara kritik konstruktif dan hanya bersikap kejam adalah apakah orang di pihak penerima meminta umpan balik atau tidak.

Jika kamu memberitahu temanmu bahwa kamu tidak ingin mendengar pemikiran atau nasehatnya, dan ia tetap menolaknya, itu tidak sopan. Seorang teman sejati akan tetap berada di samping kamu, tetapi dia juga akan meninggalkan topik pembicaraan saat kamu memintanya.

Dalam Toxic Friendship, Mereka Selalu Menempatkan Kamu di Posisi yang Salah

Punya teman yang selalu berusaha tidak ingin kalah dari kamu, bukannya hanya ikut bahagia? Ada kemungkinan mereka adalah tipe yang cemburu atau merasa insecure. Teman yang baik akan selalu berusaha untuk membuat kamu bisa mengagumi dirimu sendiri dan benar-benar ingin meniru hal baik yang kamu lakukan.

Namun, ketika teman hanya memandang pertemanan sebagai ajang perlombaan, ini adalah tanda kamu terjebak toxic friendship.

Kamu Merasa Lelah Berada dalam Toxic Friendship

Menghabiskan waktu dengan teman sejati harus membuat kamu merasa antusias, bersemangat, dan bahkan terinspirasi. Tetapi seorang dalam toxic friendship melakukan hal yang sebaliknya. Mereka akan melemahkan kamu baik secara emosional maupun fisik.

Jika kamu cenderung merasa cemas, kesal, lelah, atau bahkan depresi setelah berbicara dengan teman, maka hubungan persahabatan kamu mungkin memiliki masalah.

Kamu Selalu Gugup Saat Berbicara atau Melakukan Sesuatu

Pernahkah temanmu menjadi sensitif dan bereaksi secara pribadi terhadap hal-hal yang kamu katakan atau lakukan? Reaksi semacam ini jelas membuat kamu tidak nyaman bahkan stres. Ini merupakan hal yang seharusnya tidak dilakukan persahabatan sejati. Itu juga dapat membuat kamu merasa tidak bisa menjadi orang yang otentik di sekitar teman-temanmu. Dan jika kamu tidak bisa berada di dekat teman, apa gunanya?

Jika kamu memiliki beberapa tanda di atas, sebaiknya kamu segera membicarakan hal ini dengan teman-temannya. Dan apabila banyak hal yang tidak bisa  diperbaiki, mungkin kamu harus meninggalkan hubungan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here