Siap Untuk Nostalgia dengan PlayStation Classic? Catat Tanggal Rilisnya!

playstation classic

Masih ingat kapan pertama kali kamu main PS? Buat generasi 90-an, pasti sudah merasakan betapa asiknya kala itu bermain bareng temen-temen dengan konsol game PlayStation Classic. Ada kabar menarik untuk pecinta game yang ingin bernostalgia, Sony mengumumkan akan merilis PlayStation Classic baru di akhir tahun 2018 ini!

Dalam dunia konsol game, Sony menjadi salah satu rajannya dengan deretan konsol PlayStation. Seri pertama PlayStation Classic yang dirilis pertama kali di tahun 1994, menjadi terobosan paling fenomenal dalam dunia game analog.

Pasalnya, controller tersebut tidak hanya menawarkan berbagai permainan yang sangat menarik, melainkan juga efek getar dan fitur analog yang memberikan pengalaman bermain terasa lebih nyata pada masa itu. Dalam situs resminya, PlayStation memberikan pernyataan mengenai konsol fenomal tersebut:

“Hampir 25 tahun lalu, PlayStation diperkenalkan pada dunia. (…) Konsol pertama dalam sejarah video game, terjual 100 unit di dunia dan menawarkan pengalaman bermain game dengan grafik 3D di rumah.”

“Hari ini, dengan suka cita kami umumkan akan menghadirkan kembali pengalaman bermain PlayStation dengan versi mini yang baru, PlayStation Classic!”

Baca Juga: Jangan Bosan, Yuk Main Beberapa Game Konsol Ini di Smartphone Kesayangan!

Sebagai perayaan ke-24 tahun, PlayStation Classic akan dirilis dalam versi mini yang inovatif

Salah satu alasan dirilisnya versi klasik ini adalah untuk menyambut ulang tahun PlayStation yang ke-24. Sudah bertahun-tahun Sony menjadi raja dalam dunia konsol game, mencetak berbagai seri PS dengan perbaruan grafis hingga fitur yang semakin modern. Seakan tak ingin pudar eksistensinya, raksasa Jepang ini pun memutuskan untuk merilis versi terbaru PlayStation Classic, dalam ukuran lebih mini!

Rencananya, PlayStation Classic ini akan dirilis ke pasaran pada 3 Desember 2018 nanti. Tanggal tersebut dipili karena bertepatan dengan tanggal pertama kali versi pertamanya diluncurkan, tepat 24 tahun yang lalu di tahun 1994.

PS Classic tahun 1994 mencatat sejarah dalam dunia konsol game, berhasil ludes 1 juta unit hanya dalam waktu lima hari di Jepang. Selanjutnya, saat dirilis di Amerika beberapa hari kemudian, 100 ribu unit PS Classic tersebut langsung laku terjual hanya dalam waktu dua hari.

Dihentikan produksinya pada tahun 2006, Sony meluncurkan generasi selanjutnya, yakni PlayStation 1 dengan grafik yang lebih memukau dan desain yang lebih modern. Hingga kini, telah terjual 102 juta unit di dunia, yang menjadikannya konsol game pertama yang mencetak penjualan lebih dari 100 juta unit.

Di akhir tahun 2018 ini, PlayStation Classic versi baru akan dirilis dengan desain yang lebih mini. Kabarnya, sekitar 45 persen lebih kecil dari versi pertama tahun 1994. Rencananya akan dijual sekitar 1,4 juta rupiah di Indonesia.

Meski menghadirkan konsep klasik, konsol baru ini tetap menawarkan pengalaman bermain game dari konsol klasik yang inovatif. Ditujukan utuk gamers muda masa kini, agar bisa menikmati PlayStation dalam format aslinya.

Beri komentar Anda tentang artikel ini