Mengapa Teknik Soft Selling Lebih Efektif bagi Pemasaran Modern?

teknik soft selling
Sumber : Dream Stop

Sebagian besar orang pasti sudah tak asing lagi dengan teknik pemasaran hard selling. Membuat brosur yang penuh dengan informasi produk, memasang billboard super besar, atau mempublikasikan iklan bernuansa norak. Sebenarnya, kini teknik soft selling pun tak kalah efektif bagi pemasaran modern. Bukan mustahil bila perhatian masyarakat malah bisa diraih melalui teknik tersebut.

Jadi, apa yang menyebabkan teknik soft selling lebih efektif?

Masyarakat Semakin Cerdas Memilih

Sumber : Article Cube

Bukan rahasia lagi kalau masyarakat modern sekarang makin cerdas menentukan pilihan produk. Karena ulasan mengenai suatu produk bisa dicari melalui internet atau diinformasikan dari mulut ke mulut. Iklan yang terkesan”wah” tak selalu berhasil menarik minat masyarakat. Apalagi bila kompetitor sejenis menawarkan produk dengan nilai yang lebih istimewa.

Baca Juga: Thrift Shopping: Solusi bagi Anda yang Ingin Keren Sekaligus Hemat

Produk Harus Berorientasi kepada Pelanggan

Sumber : Dictio

Prinsip bisnis lama meyakini bahwa suatu produk harus mampu menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya. Namun, tidak demikian halnya dengan prinsip bisnis modern. Agar bisa diterima dengan baik, suatu produk harus berorientasi pada kebutuhan pelanggan. Kalau kebutuhan pelanggan terpenuhi oleh suatu produk, maka minat terhadap produk tersebut pasti akan semakin tinggi. Bahkan, repeat order dan peningkatan loyalitas pelanggan bukanlah hal yang sulit untuk diraih.

Menonjolkan Nilai Istimewa Melalui Storytelling

Sumber : Scribble Live

Storytelling merupakan salah satu teknik softselling paling ampuh yang semakin disukai masyarakat. Melalui storytelling, masyarakat tak hanya bisa menyaksikan promosi suatu produk. Ada nilai-nilai istimewa yang bisa disampaikan melalui storytelling tersebut. Jadi, sebenarnya masyarakat tak keberatan menyaksikan iklan berdurasi 3 hingga 10 menit di media sosial. Asalkan iklan tersebut menarik, mengandung makna pesan yang kuat, dan relevan dengan produk yang diiklankan.

Membentuk Personal Branding yang Mudah Diingat

Sumber : DIY Genius

Persaingan pasar yang ketat menuntut sebuah bisnis untuk memiliki personal branding yang mudah diingat. Itulah sebabnya teknik soft selling patut diimplementasikan demi membentuk personal branding yang istimewa. Sehingga masyarakat akan mengingat produk bisnis Anda sebagai sesuatu yang lebih unggul dari kompetitor. Komposisi soft selling dan hard selling yang tepat akan sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis.

Kalau selama ini bisnis atau perusahaan tempat Anda bekerja hanya mengandalkan hard selling, mungkin sudah saatnya melirik teknik soft selling yang tak kalah ampuh. Konsep soft selling yang elegan akan membawa banyak perubahan positif bagi perkembangan bisnis di zaman modern.

Beri komentar Anda tentang artikel ini