Teknik Sales Funnel, Strategi Menjaring Pelanggan Bisnis

Semua pebisnis tentu ingin menjaring banyak pelanggan demi mempertahankan kelangsungan bisnis. Sayangnya, keinginan tersebut tidak selalu berhasil karena dieksekusi dengan teknik yang keliru. Salah satu teknik paling tepat yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan banyak pelanggan adalah sales funnel.

Mau tahu lebih banyak tentang implementasi sales funnel dalam bisnis? Inilah ulasannya!

Mengenal Definisi Sales Funnel Secara Rinci

Sales funnel adalah teknik visualisasi perjalanan hidup pelanggan yang dikorelasikan dengan produk atau jasa bisnis yang kamu lakukan. Sehingga nantinya pelanggan tergugah untuk membeli produk atau jasamu karena merasa membutuhkannya.

Saat seorang pelanggan baru mengenal bisnismu untuk pertama kalinya, pelanggan tersebut tentu tak langsung mengambil keputusan untuk membeli sesuatu dari bisnismu. Pelanggan harus mengetahui value yang kamu tawarkan dalam bisnis. Karena value yang sejalan dengan kebutuhan akan selera pelanggan akan membuat bisnis kamu laris manis.

Baca Juga: Meraih Perhatian dan Loyalitas Pelanggan Lewat Brand Voice yang Tepat

Lima Tahapan Sales Funnel untuk Menarik Pelanggan

Secara garis besar, ada lima tahapan penting dalam sales funnel yang harus kamu terapkan agar bisa menarik banyak pelanggan. Tahapan penting tersebut, yaitu,

  • Kesadaran (awareness): Tahap pertama ini akan membuat pelanggan mengenali kebutuhan yang tadinya tidak disadari. Sehingga kecenderungan membeli produk atau jasa semakin besar.
  • Penelusuran (discovery): Pelanggan mulai mencari informasi tentang produk atau jasa pada bisnismu.
  • Evaluasi (evaluation): Selanjutnya, pelanggan mulai mengevaluasi beberapa pilihan bisnis yang sedang dipertimbangkan. Evaluasi bisa dilakukan dari segi harga, kualitas, dan pertimbangan lainnya.
  • Peminatan (intent): Pada tahap ini, pelanggan mulai serius menganalisis bisnismu. Pelanggan mungkin akan menghubungi kamu untuk bertanya lebih banyak sebelum melakukan pembelian.
  • Pembelian (purchase): Pelanggan yang sudah yakin akan segera melakukan pembelian. Kemungkinan besar pelanggan juga melakukan negosiasi harga atau mencari info promosi.

Bisnis Harus Berorientasi pada Kepentingan Pelanggan

Apa pun bisnis yang sedang dijalani, kamu wajib menggunakan teknik sales funnel dengan cara yang tepat. Tunjukkan bahwa bisnis kamu berorientasi pada kepentingan pelanggan melalui beberapa cara praktis ini:

  • Beriklan dengan tema-tema yang sesuai dengan kegelisahan masyarakat modern.
  • Menggunakan media sosial semaksimal mungkin untuk berinteraksi dengan netizen, baik calon pelanggan maupun para pelanggan setia kamu.
  • Jadikan kritik dan saran dari pelanggan sebagai masukan penting untuk evaluasi bisnis.
  • Menyuguhkan variasi produk atau jasa baru demi mengikuti perkembangan kebutuhan pelanggan dan tren pasar.

Sales funnel tak hanya efektif mendukung perkembangan bisnis online. Kamu yang berkecimpung di bidang bisnis konvensional juga bisa menggunakan teknik yang satu ini agar pelanggan terus bertambah dan tetap loyal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here