Inovasi di Bidang Medis dengan Sistem Teknologi Informasi Terkini

Perkembangan Inovasi di Bidang Medis dengan Sistem Teknologi Informasi Terkini
General Manager Diagnostics Division Abbott Indonesia, I Putu Edi Mahadi

Lebih dari 40 tahun beroperasi di Indonesia, Abbott Indonesia senantiasa menawarkan inovasi terbaru yang membantu perkembangan dunia kesehatan di Indonesia.

Kepada Job-Like Magazine, General Manager Diagnostic Divison Abbott Indonesia I Putu Edi Mahadi, menuturkan apa yang membuat Abbott Indonesia terus berupaya mengembangkan sistem teknologi terbaru. Salah satunya AlinIQ untuk mendukung keakuratan pemeriksaan medis di Indonesia.

Indonesia Menjadi Target Market yang “Seksi” dalam Bisnis Medis

Apa arti Indonesia bagi Abbott?

Bagi Abbott Indonesia, kondisi market Indonesia sangat penting. Di sini, kami tak hanya mengembangkan bisnis diagnostik, namun juga nutrisi dan farmasi. Agar dapat terus memberikan solusi bagi inovasi kesehatan di Indonesia, Abbott Indonesia secara sadar berinvestasi pada para karyawan.

Di Indonesia, kami memiliki lebih dari 500 laryawan. Training kami berikan untuk meningkatkan keterampilan dan kepemimpinan dalam menghadapi kompetisi bisnis baik pada saat ini maupun masa depan.

Di balik proses bisnis yang dijalankan, ternyata Abbott Indonesia juga memperhatikan perkembangan karyawannya, ya?

Bagaimanapun Sumber Daya Manusia adalah hal yang sangat penting. Kapabilitas mereka harus selalu ditingkatkan untuk mengikuti perkembangan bisnis dan market yang ada di Indonesia.

Berbagai pelatihan kami berikan biasanya berjenjang, mulai dari tingkat staf hingga manajerial. Untuk tingkat manajerial biasanya pelatihan yang diberikan tentang leadership.

Baru-baru ini Abbott menjalin kerja sama selama tujuh tahun dengan jaringan lab terbesar di Indonesia, Prodia. Dalam bentuk apa kerja samanya?

Sejak Januari 2019, Abbott Indonesia resmi bekerja sama Prodia dalam pengadaan Total Laboratory Automation (TLA). TLA merupakan sistem automasi yang digunakan dalam melakukan praanalitik, analitik, dan postanalitik dalam proses pemeriksaan sample di laboratorium.

Kerja sama ini akan terjalin selama tujuh tahun. Kami akan terus berinovasi dan terbuka kerja sama dengan berbagai lembaga medis di Indonesia.

Inovasi di Bidang Medis dengan Sistem Teknologi Informasi Terkini
Sistem Total Laboratory Autimation Abbott (Foto: Kiky.Waode/Job-Like Magazine)

Baca Juga: Kerja Sama Prodia-Abbott dalam Pengadaan Total Laboratory Automation

Teknologi apa yang digunakan pada Total Laboratory Automation?

Kami menggunakan sistem teknologi AlinIQ. Ini merupakan sistem teknologi yang open sistem dan bisa dikombinasikan dengan berbagai instrumen baik dari Abbott maupun non-Abbott. Sehingga, bisa bermanfaat dan efisien dalam proses kerja laboratorium.

Kemudian apa yang dilakukan oleh Abbott Indonesia dalam mendukung kualitas kesehatan di Indonesia?

Life to the fullest merupakan value yang menjadi pegangan Abbott dalam menjalankan bisnisnya. Yang menjadi fokus kami, yaitu bagaimana setiap orang di Indoensia bisa menggali potensi maksimalnya dengan kesehatan yang mereka miliki.

Dengan kesehatan yang maksimal kita bisa memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Kami percaya potensi tersebut bisa dicapai dengan kesehatan yang maksimal.

Kami juga sudah menjalin dengan beberapa pihak baik swasta maupun pemerintah. Kami terus mengembangkan bidang diagnostik seperti inovasi dalam pemeriksaan HIV (pemeriksaan antigen). Dengan kerja sama dengan banyak pihak, kami ingin menyiapkan kualitas kesehatan yang lebih baik untuk masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here