Berlibur ke Pulau Dewata? Jangan Lupa Berkunjung ke 5 Tempat Makan Khas Bali Ini

Rempah Bali
Sumber: Foodinloveid

Berlibur memang tak bisa jauh-jauh dari wisata kuliner. Berkunjung ke Pulau Dewata pun wajib mencicipi 5 tempat makan khas Bali. Meski saat ini hidangan asli dari Bali sudah mulai banyak ditemukan di daerah-daerah lain, terutama di kota besar, namun tentu saja sensasi yang dirasakan akan berbeda dengan mencicipi makanan khas tersebut langsung di daerah asalnya.

5 Tempat Makan Khas Bali yang Wajib Dikunjungi

Karena itu, bila pada liburan nanti Anda berkunjung ke Bali, jangan sampai ketinggalan untuk berkunjung dan menikmati hidangan lezat dari tempat makan khas Bali di bawah ini.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Sumber : tripadvisor
Sumber : tripadvisor

Ayam betutu merupakan salah satu hidangan khas Bali yang sudah mulai banyak ditemui di kota besar seperti di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Tapi sepertinya hanya di beberapa tempat makan khas Bali, seperti tempat ini, saja yang benar-benar menghadirkan sensasi kelezatan ayam betutu yang sesungguhnya.

Hidangan original ayam betutu diolah dengan banyak bumbu yang terdiri dari berbagai rempah-rempah. Nantinya, ayam utuh yang sudah diberikan banyak bumbu tersebut akan diungkep dalam bara api selama lebih dari 24 jam. Dan cara memasak inilah yang hingga kini masih dipraktikkan di rumah makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini.

Alamat: Jalan Raya Tuban No.2X, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia

Sate Lilit Bebek Tepi Sawah

Sumber : oleholehkhasbali
Sumber : oleholehkhasbali

Jangan tertipu dengan nama restorannya. Meski hidangan utama di restoran ini memang berbagai jenis bebek, namun restoran yang sudah memiliki banyak cabang tersebut juga menghadirkan hidangan lain. Salah satunya, sate lilit.

Bahan baku sate lilit sebenarnya adalah ikan. Meski saat ini, sudah banyak sate lilit yang datang dalam banyak versi. Mulai dari dengan daging ayam hingga daging sapi. Berbeda dengan sate lain yang ditusuk, daging untuk sate lilit setelah dibumbui akan dililitkan pada batang serei. Baru kemudian dibakar. Di restoran ini, sate lilit dihidangkan dengan nasi hangat dan sambal matah yang super lezat.

Alamat : Jalan Raya Goa Gajah, Br. Teges Peliatan, Ubud, Peliatan, Ubud, Giayar, Bali 80571, Indonesia

Warung Lawar Kuwir Men Koko

Sumber : ksmtour
Sumber : ksmtour

Lawar kuwir bukan hidangan biasa untuk warga Bali. Dulunya, lawar kuwir hanya disajikan pada acara atau upcara besar dengan campuran daging dan darah babi. Meski saat ini, normalnya lawar kuwir akan menggunakan daging ayam atau bebek.

Lawar kuwir di Men Koko merupakan salah satu yang paling dikenal. Hidangan di warung ini hadir dalam bentuk berbagai rupa sayuran yang dicacah dengan daging angsa atau ayam. Setelah itu dibumbui dengan rempah dan banyak kelapa yang diparut kasar. Hidangan ini biasanya dihidangkan bersama dengan suwiran ayam betutu, sate lilit, dan juga sambal matah yang khas.

Alamat : Jl. Raya Munggu, Munggu, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351, Indonesia

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Sumber : penabiru
Sumber : penabiru

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku sudah sangat melegenda hingga rasanya berkunjung ke daerah Kedewatan, Ubud tanpa mampir ke restoran ini rasanya tak akan lengkap. Hidangan nasi ayam di sini sebenarnya merupakan nasi campur. Dengan beragam jenis hidangan ayam, lawar kuwir, telur pindang, sambal khas Bali seperti sambal matah dan sambal embe, dan tak ketinggalan sayur urap Bali. Super lezat.

Alamat: Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571, Indonesia

Warung Rujak Kuah Pindang Bo Hwa

Sumber : blog.tinggal
Sumber : blog.tinggal

Setelah sederet makanan berat di atas, saatnya mencicipi yang segar-segar dari Bali. Kali ini, Warung Rujak Kuang Pindah Bo Hwa. Rujak kuah pindang merupakan rujak buah khas Bali yang dihidangkan dengan kuah pindang. Rasanya? Pedas, gurih, manis, dan asam. Cocok untuk udara Bali yang super panas deh pokoknya.

Alamat: Jl. Abimanyu, No. 2, Banjar Tampak Gangsul, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80234, Indonesia

Nah, jadi kalian suka makanan khas Bali yang mana?