Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini Jika Anda Terlambat Datang ke Kantor

Sumber : Skithub

Terlambat datang ke kantor adalah hal yang buruk. Reputasi Anda bisa terganggu hanya karena terlambat masuk kerja. Jadi, Anda memang harus lebih disiplin supaya tidak sering terlambat datang ke kantor. Sesekali datang terlambat tentu masih bisa dianggap wajar. Namun kalau sudah terlalu sering terjadi, atasan dan rekan kerja satu tim pasti jadi geram dengan Anda.

Jangan khawatir dulu bila nanti Anda terlambat datang ke kantor. Lakukan 5 hal ini untuk mengurangi rasa bersalah Anda:

Sebenarnya terlambat datang ke kantor masih bisa ditoleransi asalkan Anda punya niat baik untuk memerbaiki kesalahan

Alasan yang Tepat untuk Keterlambatan Anda

sumber: themuse

Terlambat datang ke kantor membuat Anda mesti menyiapkan alasan yang tepat. Atasan dan rekan kerja tak mau mendengar alasan klise seperti terlambat bangun atau jalanan macet. Biasanya alasan sakit atau diare adalah pilihan terbaik. Kalau Anda menyebut alasan tersebut, Anda bisa terhindar dari kesan malas. Selain itu, Anda juga bisa mengatakan bahwa Anda punya jadwal kunjungan dokter sehingga terpaksa datang ke kantor lebih siang.

Sampaikan Maaf kepada Atasan

Sumber : YMI Today

Anda pasti deg-degan ketika terlambat datang ke kantor dan berhadapan langsung dengan atasan. Jangan panik dulu. Bersikaplah dengan sopan dan sampaikan permintaan maaf kepada atasan. Katakan pula bahwa Anda tak akan mengulangi keterlambatan tersebut di lain hari. Biasanya atasan akan melunak dan tidak merasa sentimen terhadap keterlambatan Anda.

Memeriksa Pekerjaan Terlebih Dahulu Lewat Smartphone

Kecanduan Smartphone
Sumber : newyorker

Jika Anda tidak mengendarai kendaraan pribadi, Anda bisa memeriksa pekerjaan terlebih dahulu lewat smartphone. Terjebak macet saat menempuh perjalanan ke kantor memang menyebalkan. Namun bila Anda sudah memeriksa pekerjaan di pagi hari, nanti Anda dapat langsung menyelesaikan pekerjaan tersebut saat tiba di kantor.

Hubungi Rekan Kerja Satu Tim

 

Saat Anda akan terlambat datang ke kantor, sebaiknya Anda menghubungi rekan kerja satu tim bila ada pekerjaan pagi hari yang penting. Pekerjaan penting atau rapat di pagi hari tak boleh terganggu hanya karena keterlambatan Anda. Dengan demikian, rekan kerja Anda bisa menyiapkan langkah antisipasi secara matang.

Jangan Berpangku Tangan Lagi

Terlambat ke Kantor
Sumber : thejobnetwork

Tak masalah bila Anda ingin menikmati kopi atau sarapan sewaktu datang lebih awal ke kantor. Namun hal tersebut tak boleh Anda lakukan ketika terlambat datang ke kantor. Anda mesti segera mempersiapkan diri untuk menyelesaikan pekerjaan. Tunjukkan iktikad baik dan kedisiplinan kerja demi membayar rasa bersalah setelah terlambat.

Menjadi karyawan yang disiplin dan mudah berbaur di tempat kerja nyatanya tidak sulit. Tunjukkan saja performa kerja terbaik yang dapat Anda capai. Bulatkan tekad agar tidak mengulangi keterlambatan di kemudian hari.

Baca Juga : Inilah Alasan Anda Sering Datang Terlambat dan Cara Mengatasinya