Haruskah Jujur Bahwa Anda Tertarik dengan Beberapa Pekerjaan Sekaligus di Sebuah Perusahaan?

Sumber : engineering

JOB-LIKE – Jika Anda begitu bersemangat untuk bekerja di sebuah perusahaan yang tergolong tempat kerja ideal bagi Anda, Anda mungkin mau untuk melamar posisi apa pun yang dibuka di halaman karir mereka, mulai dari head of marketing hingga posisi admin junior. Namun, bisakah sebenarnya Anda melamar sekaligus jika Anda memang tertarik dengan beberapa pekerjaan pada satu perusahaan?  Dan, jika memang Anda melakukannya, haruskah Anda mengekspresikan ini kepada perusahaan?

Sayangnya, ini adalah satu lagi skenario dengan jawaban yang agak rumit: tergantung pada apa yang terbaik yang bisa dilakukan ketika tertarik dengan beberapa pekerjaan yang sedang dibuka bergantung pada berbagai hal. Untuk bisa mengambil keputusan terbaik dalam situasi ini, lakukanlah berbagai hal berikut ini.

Ketika Tertarik dengan Beberapa Pekerjaan Sekaligus, Pertimbangkan Hal-Hal Ini

Berapa Posisi yang Ingin Anda Lamar?

Sumber: cheatsheet

Sebaga awalan, tentukan berapa posisi atau lowongan yang dibuka yang sebenarnya membuat Anda tertarik secara realistis. Jika Anda tertarik dengan dua pekerjaan, maka ini bukan masalah. Namun, jika yang Anda maksud dengan tertarik dengan beberapa pekerjaan adalah apa pun yang sedang dibuka, maka Anda mungkin perlu menahan diri dan melakukan reevaluasi.

Hasrat atau keinginan Anda untuk bisa mendaratkan kaki Anda di perusahaan tertentu memang bisa dimengerti, dan bahkan mungkin patut dikagumi. Tetapi, Anda perlu memastikan bahwa Anda realistis, dan menahan diri untuk tidak membuat diri Anda terlihat putus asa. Anda sebaiknya hanya menjaga agar fokus Anda lebih sempit dan hanya memilih posisi-posisi yang benar-benar cocok bagi Anda. Jika tidak, Anda akan dianggap tidak memiliki standar dan hanya sekedar menguntit perusahaan tersebut.

Baca Juga : Gagal dalam Pekerjaan Baru? Selamatkan Karir Anda dengan Strategi Berikut

Apakah Anda Memang Berkualifikasi pada Lebih dari Satu Posisi?

melamar kembali setelah ditolak
Sumber: nus

Jika yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan hanya ketertarikan, maka melamar kerja akan jadi hal yang mudah. Namun, fakta bahwa Anda tertarik dengan beberapa pekerjaan sekaligus bukan berarti bawha Anda mampu atau berkualfikasi pada pekerjaan-pekerjaan terebut. Jadi, jika Anda memiliki rencana untuk memberitahu HRD bahwa Anda tertarik dengan beberapa pekerjaan yang ada di perusahaan tersebut, pertama-tama Anda harus memastkan bahwa Anda benar-benar memenuhi persyaratan untuk posisi-posisi terebut.

Selalu penting untuk tetap realistis saat mencari kerja. Dan, jujur saja, melemparkan diri atau melamar sebuah pekeerjaan yang Anda tidak benar-benar berkualifikasi hanya akan menciptakan kebingungan untuk sang manajer HRD. Bahkan, bisa memberikan dampak yang negatif bagi Anda sendiri dan membuat Anda juga ditolak dari pekerjaan yang sebenarnya sangat sesuai dengan kualifikasi Anda.

Di Mana Anda pada Proses Rekrutmen?

makna tersembunyi
Sumber : grupoprepara

Ini mungkin adalah sebuah pertanyan yang paling penting ketika menentukan apakah Anda harus menginformasikan kepada perusahaan bahwa Anda tertarik engan beberapa pekerjaan sekaligus: di mana Anda pada proses rekrutmen tersebut? Jika Anda baru saja muliia melamar atau baru menjalani tahapan screening telepon, maka bisa jadi ada waktu yang pantas untuk mengekspresikan ketertarikan Anda di kesempatan lain. Ketika Anda pada tahapan ini, pastikan Anda meluangkan waktu untuk menyesuaikan resume dan cover letter Anda untuk setiap posisi yang Anda lamar. Langkah ini memang wajib dalam melamar pekerjaan apa pun, tetapi jauh lebih penting ketika Anda tertarik dengan beberapa pekerjaan sekaligus pada satu perusahaan.

Namun, jika Anda sudah berada pada tahapan lanjut proses rekrutmen, amka sebaiknya Anda diam saja mengenai ini. Mengekspresikan ketertarikan pada posisi lain ketika sedang wawancara akhir akan membuat Anda nampak plin-plan dan tidak serius.

Be the first to comment

Beri komentar Anda tentang artikel ini