Praktis, Ada Tes Kepribadian Online untuk Membantu Karier Anda

Mengetahui diri sendiri dengan baik bisa menjadi kunci untuk menemukan pekerjaan dan lingkungan kerja yang tepat agar karier pun cepat berkembang. Ya, Anda ada baiknya memahami perbedaan karakteristik untuk menemukan pilihan karier yang tepat, seperti perbedaan gaya bekerja, gaua komunikasi, kecerdasan emosi, kekuatan dan kelemahan diri. Semua itu bisa lho Anda temukan melalui tes kepribadian online.

Anda baru mendengar tes kepribadian online? Yuk pahami lebih dalam apa itu tes kepribadian online.

Kenapa Perlu Ikut Tes Kepribadian Online?

Bila Anda belum familar, tes kepribadian online terlihat seperti sebuah konsep yang aneh. Namun, tahukah Anda? Tes kepribadian online dapat mengungkap wawasan mengejutkan yang mungkin belum Anda pertimbangkan sebelumnya. Tidak selalu mudah untuk melihat diri sendiri pada skala objektif dan tes ini dapat membantu Anda mengetahuinya.

Anda juga dapat mengungkap keterampilan tersembunyi, passion, perilaku, dan banyak lainnya tiap hari. Menariknya, sebagian pengusaha menjadikan tes kepribadian sebagai poin wajib dalam proses interview. Membiasakan diri Anda dengan tes kepribadian akan membantu Anda memahami apa yang diharapkan dalam pencarian kerja.

Bagaimana Tes Kepribadian Online Bermanfaat untuk Meniti Karier?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan informasi dari tes kepribadian online, seperti,

  • Menentukan jalur karir yang sesuai dengan kepribadian dan minat Anda.
  • Menentukan bidang kekuatan untuk membantu memandu pencarian kerja, atau memberi Anda ide saat interview.
  • Mengidentifikasi kelemahan yang dapat dikembangkan karena ini menjadi kunci atas perkembangan profesional dan promosi.
  • Memahami style kerja Anda untuk memaksimalkan produktifitas.
  • Mengenali style komunikasi Anda agar Anda dapat meningkatkan hubungan kerja dengan rekan kerja.

Baca Juga: Tipe Tes Kepribadian yang Diberikan Saat Melakukan Wawancara Kerja

Contoh Tes Kepribadian

Anda bisa mengikuti beberapa tes kepribadian online berikut untuk mendapatkan pemahaman lebih baik tentang siapa diri Anda, baik secara profesional ataupun pribadi.

Tes kepribadian Jungian

Tes ini didasarkan indikator tipe Myers-Briggs. Kuis ini menyajikan pertanyaan seperti, “Saya bisa bekerja dengan baik dalam kelompok atau lainnya”, dan “Saya lebih suka menggunakan logika dan alasan dalam pemikiran saya terlebih dulu”. Anda menjawabnya dengan pilihan setuju atau tidak setuju.

Tes gaya kepemimpinan

Mirip dengan tes di atas, penilaian dari tes ini mengharuskan Anda untuk menjawab, “Bila saya ada pada posisi sebagai pemimpin, saya akan menyatakan dengan jelas tujuan yang harus dicapai oleh orang lain”, dan “Saya memecah proyek besar menjadi lebih kecil untuk lebih mudah untuk dikelola”.

Jawabannya sama, apakah Anda setuju atau tidak setuju. Selanjutnya, Anda akan dihadapkan pada serangkaian pertanyaan pilihan ganda. Pada akhirnya, Anda diberi gambaran tentang gaya kepemimpinan Anda dengan opsi untuk membuka wawasan.

Kuis gaya komunikasi

Kuis pendek ini menanyakan serangkaian pertanyaan pilihan ganda, seperti “Apa yang tidak akan pernah Anda lakukan ketika berkomunikasi di tempat kerja?” Tes ini dilakukan untuk menentukan mana dari lima gaya komunikasi paling umum yang cocok dengan Anda, sekaligus tips bagaimana untuk berkomunikasi lebih baik dengan rekan kerja.

Kuis kecerdasan emosi

Kuis ini dapat membantu menganalisa perilaku dan kepribadian Anda dengan menanyakan seberapa Anda setuju dengan pernyataan seperti, “Saya dapat menyampaikan keluhan dengan terampil”, dan “Saya tidak defensif ketika dikritik”. Kemudian Anda akan diberitahu apakah Anda memiliki kecerdasan emosi rendah, medium atau tinggi, serta memberi ide tentang bagaimana Anda dapat mengembangkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here