Inspirasi dari Josef Bataona agar Tetap Produktif Saat Masa Pensiun

Inspirasi dari Josef Bataona Agar Tetap Produktif Saat Masa Pensiun
Human Resources Expert, Josef Bataona

Menjadi seorang Human Resources (HR), merupakan hal yang menyenangkan bagi Josef Bataona. Lebih dari 30 tahun, pria kelahiran Flores tahun 1953 ini mendedikasikan dirinya untuk mencetak talenta terbaik dalam perusahaan.

Mengawali karier sebagai Management Trainee di Unilever merupakan modal bagi Josef untuk terus mendedikasikan diri untuk profesi yang dicintainya sampai ia memasuki masa pensiun.

Selama ia berkarier, Josef pernah menempati beberapa posisi mulai dari tim rekrutmen hingga menduduki posisi sebagai Direktur HR di sebuah perusahaan FMCG multinasional, sebelum pada akhirnya memasuki masa pensiun.

“Pengalaman dan kesempatan-kesempatan yang saya dapatkan selama berkarier sebagai HR, membuat saya semakin hari semakin yakin bahwa profesi ini merupakan jalan saya untuk berkontribusi maksimal bagi kemajuan SDM dan perusahaan,” ungkapnya saat ditemui Job-Like Magazine di sela-sela kesibukannya sebagai pembicara.

“Di masa pensiun pun, saya masih melakukan hal-hal yang berhubungan dengan HR dan pengembangan diri.”

Juli 2018, ia memasuki masa pensiun. Baginya, masa pensiun harus direncanakan jauh-jauh hari agar selanjutnya bisa tetap produktif. Perubahan yang cukup signifikan ia rasakan ketika sudah tak lagi bekerja kantoran.

Yang pasti, Josef kini dapat lebih fokus berkumpul dengan keluarga dan melakukan kegiatan yang disukai seperti olahraga, traveling, dan menulis.

Tujuh tahun sebelum memasuki usia pensiun, Josef bahkan sempat mengumpulkan rekan-rekannya untuk berdisuksi, kira-kira apa yang harus ia lakukan agar tetap dapat berbagi kepada masyarakat mengenai pengalamannya di dunia HR.

Baca Juga: Begini Cara Efektif Mewujudkan Pensiun Lebih Awal

Menulis blog merupakan aktivitas yang dilakukan Josef agar tetap produktif dan menginspirasi. (Foto: Kiky.Waode/Job-Like Magazine)

Ia disarankan untuk membuat buku, namun pada saat itu Josef belum siap untuk menulis buku. Ia ingin melakukan kegiatan yang lebih “santai”, namun tetap efektif untuk berbagi. Akhirnya, muncul kesepakatan untuk membuat blog pribadi. Tahun 2011, blog pribadi Josef Bataona resmi dirilis.

“Awalnya saya tidak kepikiran untuk ngeblog karena saya saja tidak memiliki akun media sosial saat itu. Seiring dengan berjalannya waktu, saya terus belajar sampai akhirnya bisa konsisten nge-blog sampai sekarang,” katanya.

Menulis berbagai hal mengenai dunia HR dan pengembangan diri dalam blog pribadinya, bukan pekerjaan mudah bagi Josef. Selain harus membagi waktu dengan kegiatan lainnya, ia juga harus lebih sering berkontemplasi untuk memikirkan pembahasan apa yang dibutuhkan oleh pembaca.

Sebagai pembeda dengan blog sejenis, Josef menuangkan pemikirannya melalui pengalaman pribadi selama menjadi HR. Seluk beluk dunia HR, personal branding, dan pengembangan diri merupakan tema besar yang ada di dalam blog miliknya.

“Yang membedakan blog ini dengan blog HR lainnya, yaitu saya tidak membicarakan teori. Saya menulis berdasarkan pengalaman. Tentu ada yang berhasil dan ada yang tidak. Teori hanya sebagai pendukung cerita pengalaman saya saja,” jelasnya.

Gaya tulisannya yang mudah dimengerti dan terkait dengan profesi HR dewasa ini, membuat blog Josef disukai terutama oleh para praktisi HR. Josef sepertinya jatuh hati dengan profesi ini. Banyak hal yang berkesan selama ia berkecimpung sebagai HR.

Salah satunya bisa menyiapkan orang-orang yang dipercaya membawa kemajuan bagi perusahaan untuk dijadikan generasi penerus. Keberhasilan mencetak talenta terbaik menjadi kepuasan tersendiri bagi peraih Best Contribution to HR Community Award ini.

“Saya boleh berbangga pada saat saya pensiun ada 45 manajer yang sudah berada di kantor-kantor cabang di luar negeri. Di situlah saya merasa senang bisa mencetak talenta berkualitas yang bisa bersaing di dunia internasional.”

“Be Yourself, but Better Everyday”

Prinsip tersebut merupakan prinsip yang dipegang Josef hingga kini. Ia selalu membuka diri untuk belajarhal baru. Dengan mempelajari hal baru, ia merasa bisa terus memperbaiki diri setiap harinya.

Lewat blog, Josef ingin berbagi kepada publik dan berharap pembaca bisa mendapat inspirasi dari cerita pengalamannya. Selain aktif menulis blog, Josef juga masih aktif sebagai pembicara untuk mengisi berbagai kegiatan HR, pengembangan diri, dan leadership.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here