5 Alasan yang Membuat Seseorang Tidak Harus Selalu Mendengarkan Kritik

mendengarkan kritik

Salah satu hal yang sulit dihindari adalah mendengarkan kritik dari orang lain. Kritik ini bisa menjadi bumerang yang membuat seseorang mulai meragukan diri sendiri. Kritik memang memiliki sisi baik, selama kritik tersebut merupakan sebuah pernyataan yang membangun bukan menjatuhkan. Hanya saja, tidak semua orang bisa menyampaikan kalimat kritik dengan bijaksana, dan inilah yang menjadi latar belakang mengapa Anda bisa saja mengabaikan kritikan tersebut. Ada banyak kasus juga yang menunjukkan jika seseorang bisa lebih efektif ketika menghindari sebuah kritikan negatif. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat Anda seharusnya tidak selalu mendengarkan kritik negatif dari orang lain.

Inilah yang Membuat Anda Harus Berhenti Mendengarkan Kritik Negatif

Membuat Anda Tidak Bahagia

Semakin sering Anda mendengar komentar negatif atau kritik yang menjatuhkan, tentu hal ini akan merusak mood dan membuat Anda tidak bahagia. Bukan hanya memengaruhi mood, tapi bisa jadi kinerja dan kesehatan menjadi memburuk. Mendengarkan banyak hal negatif pun nyatanya berakibat buruk pada otak, dan pastinya akan sangat mengganggu.

Baca Juga: Mengesalkan, Inilah Ciri-Ciri Orang yang Sulit Menerima Kritik namun Kerap Mengkritik Orang Lain!

Kritik Negatif Bisa Memiliki Motif Terselubung

menangis di kantor
sumber: tribunnews

Ketika Anda mendengar komentar atau kritik yang agak keras, cobalah untuk memahaminya dulu. Bisa jadi kritikan tersebut tidak benar-benar disampaikan untuk membantu Anda melakukan improvisasi, tapi malah sengaja disampaikan untuk memperburuk kondisi yang ada. Sangat penting bagi Anda untuk memilih jenis kritik yang perlu didengarkan dan diabaikan.

Anda Mulai Percaya dengan Kritikan Negatif

yang melemahkan daya pikir

Salah satu pengaruh terbesar yang cukup menakutkan adalah ketika lambat-laun Anda benar-benar akan percaya dengan semua kalimat buruk tersebut. Jika selama ini Anda sering mendengar orang berkata buruk tentang pekerjaan Anda, maka suatu saat Anda akan percaya jika pekerjaan tersebut memang buruk. Saat Anda percaya dengan kekuatan yang dimiliki, maka Anda cenderung akan kuat bahkan lebih kuat dari yang dipikirkan.

Menjadi Penghambat Terbesar untuk Berkembang

diabaikan di kantor
sumber: tribunnews

Terlalu sering mendengarkan kritik negatif, akan menciptakan rasa takut yang mendalam dan sulit ditoleransi. Kondisi inilah yang akhirnya membuat seseorang terkunci di dalam kotak kecil atau yang sering disebut zona nyaman. Saat Anda mulai ingin lebih proaktif dan berinisiatif, maka ketakutan tersebut akan muncul dan membuat keinginan tersebut hilang.

Kritik Negatif Bisa Datang dari Orang yang Salah

kritikan daripada pujian

Jika Anda mendapatkan kritik dari orang-orang yang Anda hormati dan memang berada dalam posisi layak untuk memberi kritikan, maka dengarkan kritik tersebut. Sebaliknya jika kritik negatif tersebut keluar dari mulut orang-orang yang tidak proper dan hanya melakukan judgement, maka sebaiknya abaikan saja.

Beri komentar Anda tentang artikel ini