Anda Merasa Tidak Memiliki Kualifikasi saat Interview Kerja? Segera Terapkan Strategi Ini!

66
Anda Merasa Tidak Memiliki Kualifikasi Saat Interview Kerja? Segera Terapkan Strategi Berikut!
Sumber: Gulfnews

Setelah berjam-jam dan berhari-hari mencari lowongan kerja, akhirnya Anda menemukan yang cocok. Anda merasa bahwa itu adalah pekerjaan yang ingin Anda jalani. Namun, pada akhirnya Anda menyadari bahwa ternyata Anda tidak masuk kualifikasi yang telah dipersyaratkan oleh perusahaan. Bila demikian, Anda jangan menyerah. Menurut ulasan Harvard Business Review, ditemukan bila 46,4 persen pria dan 40,6 persen wanita tidak mengajukan aplikasi pekerjaan karena mereka tidak berpikir mereka memiliki kualifikasi yang dibutuhkan agar dipekerjaan. Kenyataannya, seringkali itu salah persepsi karena Anda bisa mendapat pekerjaan biarkan tidak 100 persen memenuhi kualifikasi. Dan berikut tips untuk Anda.

Tips Sukses Melakukan Interview Kerja Meskipun Anda Tidak Memiliki Kualifikasi

Jelaskan Bahwa Skill yang Anda Miliki Dapat Diterapkan Sesuai dengan Persyaratan

Sumber: pixabay

Pikirkan tentang deskripsi kerja sebagai panduan untuk persiapan interview kerja dengan melakukan 2 latihan yang direkomendasikan oleh Jaime Petkanics, pendiri dari konsultan pencari kerja yang berbasis di New York ‘The Prepary’. Menurutnya, baca deskripsi pekerjaan dengan teliti untuk kualifikasi apapun yang Anda tidak penuhi, lalu pikirkan tentang waktu di mana Anda melakukan hal yang mirip atau relevan.

Baca Juga : 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Meredakan Stres dan Kecemasan saat Interview Kerja

Mungkin saja persyaratannya adalah dengan memiliki pengalaman melatih karyawan baru dan Anda tidak memiliki hard skill untuk itu. Namun, Anda pernah menjadi pelatih sepakbola di waktu senggang. Jadi Anda tahu 1 – 2 hal tentang keterampilan mengajar kepada peserta didik. Jadi sekarang Anda memiliki jawaban bila mereka menanyakan akan keterampilan tersebut.

Namun, Anda tidak perlu mengatakannya kecuali ditanya. Anda hanya dapat fokus pada respon dari pertanyaan interview pada bagian pekerjaan di mana Anda dapat menunjukkan pengetahuan, pengalaman, dan keahlian, sekaligus hasil yang pernah Anda capai. Hal demikian seperti yang diungkapkan oleh Alyssa Gelbard, pendiri dari firma konsultan karir Resume Strategists.

Segera Dapatkan Kemampuan Baru dengan Cepat

Sumber: businessnewsdaily

Hanya karena Anda tidak profesional pada semua program atau kemampuan yang mereka minta, itu bukan berarti Anda tidak dapat belajar apa yang Anda perlukan untuk kebutuhan interview kerja. Bersikaplah proaktif untuk mengembangkan kemampuan baru tersebut untuk bisa terlihat profesional.

Bila ada program tertentu dalam bagian keahlian yang tidak Anda kuasai, segera ambil tutorial online sehingga Anda dapat memahami dasarnya. Kemudian bila Anda ditanya tentang hal tersebut saat interview, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda mengambil inisiatif untuk memiliki pengetahuan yang diperlukan.

Tunjukkan Anda Tahu Bagaimana Cara Menghadapi Tantangan

menyukai tantangan

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kesenjangan keterampilan saat interview kerja adalah dengan membuktikan bahwa Anda dulu pernah mengerjakan tugas tersebut. Bicarakanlah tentang waktu saat Anda harus melakukan pekerjaan baru dan tanggung jawab dalam peran yang Anda sama sekali tidak memiliki pengalaman untuk itu.

Diskusikanlah tentang apa yang Anda lakukan untuk bisa familiar dengan masalah dan bagaimana untuk mencari sebuah solusi dan rencana. Hal ini memiliki tujuan untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang cepat belajar dan secara proaktif mengambil langkah untuk bisa melakukannya dengan cepat.

Biarkan Resume Anda Berbicara Banyak

Sumber : Chameleon Resumes

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan hingga Anda dapat memposisikan diri untuk pekerjaan yang Anda tahu sepenuhnya bahwa Anda tidak memiliki kualifikasi akan hal tersebut. Salah satu caranya adalah agar resume Anda menyorot tentang keahlian yang dapat ditransfer dan diaplikasikan pada kekuatan yang Anda miliki untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda sukai. Buatlah resume yang akan menarik hati pewawancara sehingga Anda bisa segera mendapatkan undangan interview kerja.

Beri komentar Anda tentang artikel ini