Tidur Tanpa Bantal Ternyata Banyak Manfaatnya, Sudah Coba?

Bantal dan guling merupakan dua perlengkapan tidur yang tak pernah lepas dari masyarakat Indonesia. Rasanya memang nyaman sekali bila tidur dengan bantal dan guling empuk. Namun, sebenarnya tidur tanpa bantal lebih baik bagi kesehatan Anda. Terutama jika selama ini Anda sudah mengalami berbagai gangguan tidur.

Tidur tanpa bantal akan memberikan beberapa manfaat kesehatan ini bila Anda mulai melakukannya dari sekarang:

Mengatasi Nyeri Punggung

Nyeri punggung yang tak kunjung sembuh ternyata bisa disebabkan oleh tumpukan bantal yang terlalu tinggi. Karena tumpukan bantal bisa mempengaruhi postur tulang leher dan tulang belakang Anda. Mulai sekarang, cobalah tidur tanpa bantal agar posisi tubuh kembali ideal. Maka nyeri punggung yang sering Anda rasakan pun akan berangsur-angsur sembuh.

Mencegah Timbulnya Jerawat dan Keriput

keriput di dahi

Mungkin Anda tidak menyadari penyebab jerawat dan keriput pada wajah bisa dipengaruhi oleh penggunaan bantal. Bila Anda tidur dengan bantal yang kotor, maka risiko timbulnya jerawat akibat pori-pori wajah tersumbat pun akan semakin besar.

Di samping itu, bahan sarung bantal yang mudah kusut juga bisa menimbulkan garis-garis pada wajah sewaktu Anda tidur. Jika kondisi ini terjadi dalam waktu lama, kemungkinan besar wajah Anda akan menampakkan gejala keriput.

Anda bisa mencoba kebiasaan tidur tanpa bantal untuk mengurangi risiko tersebut. Namun, pastikan bahwa seprai yang Anda gunakan terdiri dari bahan yang nyaman dan kebersihannya terjaga.

Kualitas Tidur Semakin Baik

Jangan menganggap remeh kualitas tidur rendah yang sedang terjadi pada Anda. Susah tidur tak hanya disebabkan oleh gangguan psikologis. Anda juga bisa mengalaminya jika tubuh merasa tak nyaman dengan posisi tidur. Kalau selama ini Anda terganggu dengan kualitas tidur yang terus menurun, cobalah tidur tanpa bantal. Ketika tidak menggunakan bantal, tubuh akan mencari posisi terbaik secara alami. Hasilnya, tidur Anda akan lebih nyenyak dan tubuh lebih bugar saat Anda bangun.

Meminimalkan Risiko Stres

Kalau Anda memiliki kualitas tidur yang rendah, risiko stres akan semakin besar. Akibatnya, Anda jadi lebih mudah emosi, kurang konsentrasi, dan mengalami gangguan metabolisme tubuh. Demi meminimalkan risiko stres dan gangguan kesehatan lainnya, Anda wajib memperbaiki kualitas tidur. Biasanya, tidur tanpa bantal terbilang efektif untuk membuat tubuh lebih rileks. Kualitas tidur yang meningkat akan membantu Anda menghindari stres.

Demi tubuh yang lebih sehat dan bersemangat, biasakanlah tidur tanpa bantal mulai sekarang dan rasakan perbedaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here