5 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Membuat Tim Kerja Lebih Sehat dan Produktif

tim yang sehat dan produktif

Tak sedikit yang akhirnya mengabaikan kesehatan karena terlalu sibuk menyelesaikan pekerjaan. Kenyataannya masih banyak karyawan yang merasa sibuk tapi tidak bekerja secara efektif, dan parahnya itu memengaruhi kesehatan tubuh mereka. Tidak tercapainya work-life balance akhirnya menyulitkan mereka untuk tetap sehat dan produktif selama bekerja. Situasi ini yang seharusnya disadari oleh perusahaan termasuk Anda, sebagai salah satu atasan yang ikut bertanggung jawab terhadap kondisi karyawan di kantor.

Bagaimana mereka bekerja? Sudahkah mereka menggunakan jam kerja dengan baik? Apakah mereka mengalami burnout? Bisakah mereka bekerja lebih sehat dan produktif? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu karyawan bekerja dengan produktif dan tetap sehat.

Bagaimana Cara Atasan Membantu Anggota Timnya agar Bekerja Lebih Sehat dan Produktif?

Konsep dan Layout Kerja yang Lebih Sehat

Sumber : Meister Task

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Annals of Internal Medicine telah menemukan bahwa lebih dari separuh hidup orang kebanyakan yang terjaga dihabiskan untuk duduk. Sebagian besar dari itu, dapat diasumsikan berada di meja kerja, membungkuk di atas komputer, atau duduk melayani konsumen. Kondisi ini sebenarnya mengancam kesehatan karyawan, karena terlalu banyak duduk memang tidak dianjurkan. Kini, beberapa perusahaan mencoba menyesuaikan layout dan konsep meja kerja agar lebih sehat dan produktif. Misalnya, dengan menggunakan meja kerja berdiri, dimana karyawan bisa juga menyelesaikan pekerjaan tanpa harus terlalu lama duduk di kursi.

Baca Juga : Tipe-Tipe Anggota yang akan Menghambat Produktivitas Tim Kerja di Kantor

Membuat Lingkungan Kerja yang Lebih Hijau

Sumber : Post Ronda

Membuat lingkungan kerja yang lebih hijau membuat suasana kantor lebih mendukung untuk meningkatkan produktivitas kerja, dan tentu saja lebih menyehatkan. Mengintegrasikan lebih banyak tanaman hijau di kantor membantu untuk membersihkan udara dan membuat karyawan lebih bahagia. Bahkan para peneliti menemukan fakta jika karyawan bisa 15 kali lebih produktif daripada mereka yang bekerja di kantor yang tidak dipenuhi tanaman hidup.

Menyediakan Camilan Sehat

Kebanyakan perusahaan menyediakan camilan di kantor tanpa memperhitungkan kesehatan karyawannya. Misalnya, menyediakan mesin kopi, cokelat, chips, dan makanan minim nutrisi lainnya bagi karyawan untuk dinikmati selama bekerja di kantor. Mulai sekarang, perusahaan sebaiknya memikirkan asupan nutrisi dengan mengganti camilan yang lebih sehat. Ini juga menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk menanamkan pola hidup sehat bagi setiap individu.

Menjalankan Aktivitas Fisik

Selain menyediakan camilan sehat, perusahaan juga bisa mengadakan sebuah program positif bagi karyawannya. Program ini tentunya bisa menjadi metode untuk membuat setiap karyawan lebih sehat dan produktif selama bekerja. Aktivitas fisik seperti senam pagi, olahraga bersama, 5 minutes for strecthing, dan program sehat lainnya bisa dilakukan bersama sebelum melakukan pekerjaan.

Mencoba Walking Meeting

Selama ini rapat yang diadakan perusahaan umumnya dilakukan di dalam ruangan dan dalam posisi duduk. Petinggi-petinggi perusahaan besar seperti Steve Jobs, Jack Dorsey, dan Mark Zuckerberg merupakan salah tiga dari pendukung walking meeting yang dilakukan bersama karyawannya. Rapat yang dilakukan dengan posisi berdiri ini wajib dicoba, sebab tubuh akan menunjukkan reaksi yang positif seperti lebih fokus, meningkatkan energi, dan lebih rileks.

Beri komentar Anda tentang artikel ini