Ternyata, Tinggal dengan Mertua Tidaklah Selalu Buruk! Ini Faktanya

tinggal dengan mertua
Sumber : RBTH

Menempuh hidup baru bersama pasangan tentunya merupakan langkah awal yang pasti dijalani semua pengantin baru. Semua pasangan pasti menginginkan kehidupan yang bahagia dan nyaman. Namun, di awal pernikahan seringkali berbagai alasan seperti kondisi finansial, adat tradisi, hingga masalah jarak mengharuskan Anda menunda untuk tinggal di rumah sendiri. Sehingga, tinggal dengan mertua menjadi pilihan bagi Anda dan pasangan untuk memulai kehidupan baru. Momok menakutkan pastilah sering muncul di pikiran Anda ketika menerima kenyataan harus tinggal dengan mertua. Jangan takut, tinggal dengan mertua tidaklah selamanya buruk, jika Anda cerdas mengatasinya.

Tak Perlu Takut, Inilah 4 Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan Jika Tinggal dengan Mertua

Menjalin Kekeluargaan

Hidup seatap dengan mertua tentunya akan menuntut Anda menghabiskan banyak waktu bersama dengan mertua, yang pastinya akan menambah sisi emosional bersama mertua. Seiring berjalannya waktu, Anda perlahan akan menjadi lebih mengenal juga memahami mertua Anda, hingga rasa kekeluargaan akan terjalin, yang mungkin tidak akan Anda dapatkan jika tinggal di rumah sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Mertua Layaknya Orang Tua Sendiri

Memangkas Pengeluaran

3 Cara Paling Mudah yang Dapat Dilakukan Untuk Memangkas Pengeluaran Bulanan
Sumber: Selectquoteautoandhome

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan jika tinggal dengan mertua adalah Anda bisa menabung lebih dan juga memangkas pengeluaran biaya hidup. Hidup bersama mertua tentunya membuat pengeluaran keluarga kecil Anda lebih hemat. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sewa untuk rumah, namun sebaliknya Anda bisa menabung lebih untuk pembangunan ataupun cicilan rumah impian Anda. Selain itu, Anda juga pastinya lebih hemat dalam pengeluaran biaya hidup sehari-hari. Tentunya, ada biaya yang hilang, terpangkas, ataupun dibagi bersama orang tua. Misalnya, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk pajak bangunan, listrik, air, maupun bahan makanan. Namun, sebaiknya tawarkan diri untuk membayar sebagian dari pengeluaran agar mertua tidak merasa terbebani sekaligus Anda dianggap sebagai menantu yang penyayang dan perhatian.

Memiliki Pendamping Anak yang Terpercaya

Heran Kenapa Anak Perempuan Lebih Dekat Dengan Sang Ayah? Ini Jawabannya!
Sumber: Billmuehlenberg

Anda dan pasangan pastinya akan dikaruniai anak suatu saat. Tinggal serumah dengan mertua menjadi keuntungan sendiri di saat-saat si bayi hadir. Anda memiliki orang yang bisa mengajarkan juga membantu Anda merawat dan menjaga anak. Tak diragukan, mertua pastinya jauh lebih berpengalaman dalam hal ini. Bagi Anda yang bekerja, kehadiran mertua tentulah sangat membantu Anda, karena mertua bisa menggantikan Anda menjaga anak saat masa cuti telah habis. Walaupun menjaga cucu sendiri, jangan sekali-sekali memperlakukan mertua Anda seperti baby sitter atau layaknya pembantu. Ingatlah, bahwa anak Anda adalah sepenuhnya tanggung jawab Anda, sedangkan mertua hanyalah mendampingi Anda menjaga si buah hati.

Memiliki Penasihat dan Pembimbing

mertua

Masa awal pernikahan, pastilah Anda masih belum banyak tahu mengenai kehidupan berumah tangga. Banyak hal yang belum Anda ketahui dan kuasai, baik dalam hal memasak, mengurus rumah, hingga merawat anak. Tinggal dengan mertua memberi keuntungan bagi Anda karena Anda bisa setiap saat bertanya dan berkonsultasi seputar rumah tangga. Mertua Anda tentunya merupakan sosok yang berpengalaman dan menginginkan semua yang terbaik bagi rumah tangga anak dan menantunya.

Itulah empat keuntungan yang bisa Anda rasakan jika tinggal dengan mertua. Tentunya, Anda harus selalu bersikap baik, beretika, dan menyayangi mertua jika ingin harmonis tinggal bersama mertua. Jadi, tinggal dengan mertua tidaklah selalu buruk, bukan?

Good luck!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here