Agar Pelanggan Setia, Yuk Tingkatkan Pengalaman Berbelanja

Kualitas produk atau jasa bukan satu-satunya hal yang utama di mata pelanggan. Pelanggan juga membutuhkan pengalaman berbelanja yang berbeda. Baik saat melakukan transaksi online maupun offline.

Meningkatkan pengalaman berbelanja akan mendekatkan bisnis yang kamu miliki dengan para pelanggan. Biasanya, pelanggan yang setia akan melakukan pembelian ulang. Pelanggan yang setia juga akan merekomendasikan produk yang kamu miliki pada orang lain.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan pengalaman berbelanja agar pelanggan menggemari sebuah produk? Untuk itu, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Mengkombinasikan Pengalaman Berbelanja Online dan Offline

Kamu juga bisa mengkombinasikan proses pemilihan produk dan transaksi secara online dengan offline. Semisal, website resmi hanya menyediakan foto-foto produk, namun secara fisik, produk-produk tersebut hanya bisa dibeli melalui toko offline.

Selain itu, di toko online kamu juga bisa menggunakan desain, warna, atau nuansa yang sama dengan toko offline yang kamu miliki. Agar pelanggan merasakan pengalaman berbelanja yang sama, baik di online maupun offline.

Mempersingkat Waktu Proses

Kalau kamu menjual produk secara online, percepatlah proses dari pemilihan produk hingga transaksi. Sementara, kalau kamu menjual secara offline, persingkatlah waktu transaksi sehingga pelanggan tidak lama menunggu.

Terapkan Strategi Storytelling

Storytelling adalah cara menyampaikan informasi lewat sebuah kisah atau cerita. Lakukan ini dengan cara yang kreatif sehingga pelanggan tertarik mendengarkan kisahmu. Kamu bisa melakukan storytelling di website, platform media sosial, atau toko offline yang kamu miliki.

Baca Juga: 5 Strategi Storytelling Agar Bisnis Anda Dekat di Hati Konsumen

Sediakan Sampling untuk Mengetahui Kualitas Produk

Untuk beberapa jenis produk tertentu, kamu bisa menyediakan sampling. Cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan pengalaman berbelanja. Pasalnya, seringkali pelanggan ingin mengetahui kualitas konten dibalik kemasan yang ada.

Perbaiki Desain dan Layanan Toko

Buat kamu yang membuka toko offline, kamu bisa membuat desain tokomu menjadi lebih menarik dan berbeda. Demikian juga dengan layanannya. Di antaranya dengan cara menyediakan selfie wall, tempat untuk beristirahat, reward dan loyalty program, dan mem-follow up pelanggan setelah melakukan pembelian.

Di samping itu, jangan lupa untuk membuat karyawan atau staff senang bekerja denganmu. Secara tidak langsung, karyawan yang berbahagia akan menjadikan pelangganmu berbahagia.

Nah, di antara beberapa cara di atas, kamu bisa memilih cara yang mana yang paling sesuai untuk meningkatkan pengalaman berbelanja produk atau jasa yang kamu miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here