5 Kegundahan Karyawan Baru yang Paling Sering Dirasakan di Kantor

Karyawan baru cenderung serba salah saat pertama kali memulai kerja. Dengan lingkungan dan budaya yang jauh berbeda dengan perkuliahan, wajar kalau rasa canggung muncul. Kegundahan karyawan baru berikut pasti pernah kamu rasakan saat pertama kali bekerja.

Demi Memberi Kesan yang Baik, Karyawan Baru Rajin Datang Paling Pagi

Tentu dulu seseorang tidak mau kan dicap sebagai karyawan yang jelek pada hari-hari pertama. Oleh sebab itu, orang baru di kantor biasanya datang paling pagi. Bahkan, dia masih sempat membuat catatan pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan.

Setiap orang ingin memberi kesan yang baik di mata rekan-rekan kerjanya. Apalagi kalau menjadi orang baru di kantor. Jangan heran ya kalau lihat ada anak baru di kantor yang doyan datang pagi di awal kerja, tetapi lama-kelamaan semangatnya bisa mengendor juga.

Karyawan Baru Kadang Sungkan Bertanya karena Takut Dianggap Mengganggu

Kegelisahan berikutnya bagi anak baru adalah sungkan bertanya. Seseorang pasti punya banyak pertanyaan serta kesulitan di hari pertama bekerja. Satu-satunya jalan keluar dari kesulitan itu tentu saja dengan bertanya pada yang lebih senior.

Sayangnya, rasa sungkan lebih sering muncul daripada keberaniaan. Anak baru kerap takut mengganggu senior jika terlalu sering bertanya banyak hal tentang pekerjaan. Padahal, belum tentu loh semua senior keberatan kalau harus mengajari anak baru.

Bingung pada Prioritas Pekerjaan dalam Sehari

Karyawan baru sering juga dibuat bingung dengan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Semua pekerjaan seolah-olah harus segera diselesaikan karena takut ditegur atasan. Inilah pentingnya memahami prioritas pekerjaan.

Tidak semua pekerjaan harus selesai dalam satu hari. Anak baru di kantor memang biasanya kurang paham untuk membedakan mana yang penting, mendesak, dan bisa ditunda. Kalau bingung, ada baiknya atasan ikut membantu mengarahkan agar orang baru tersebut bisa belajar mengelola waktu.

Baca Juga: Karyawan Baru Resign? Ternyata Penyebabnya Bukan Cuma Gaji Loh!

Enggan Makan Siang dengan Rekan Lain kalau Tidak Diajak

Selain sungkan bertanya banyak hal pada senior, karyawan baru pun agak canggung untuk bersosialisasi. Terkadang anak baru pun tidak mudah untuk langsung membaur dengan rekan-rekan kerjanya meski yang seumuran sekali pun.

Saat makan siang, anak baru lebih suka makan sendirian daripada ikut rekan-rekan yang lain. Dia terlalu sungkan untuk mengajak makan siang bersama. Kalau tidak ada yang mengajaknya, otomatis makan siang akan dilewatkan sendirian.

Karyawan Baru Juga Merasa Tidak Enak Hati pada Senior Jika Pulang Duluan

Beban kerja orang baru kadang tidak setinggi rekan kerja lain yang sudah lebih lama bekerja. Oleh sebab itu, tidak jarang anak baru di kantor punya kesempatan pulang cepat lebih sering. Lagi-lagi, ada perasaan tidak enak kalau melihat senior masih bekerja hingga lewat jam kerja.

Sebenarnya tidak salah kok pulang terlebih dahulu saat pekerjaan memang sudah selesai. Namun, ada baiknya menawarkan diri kepada beberapa rekan kerja yang sekiranya butuh bantuan. Selain untuk mengakrabkan diri, cara ini juga bisa sebagai media untuk belajar hal baru.

Nah, kegundahan mana yang pernah kamu rasakan sebagai karyawan baru di kantor?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here