Cari Tahu Keinginan Konsumen dengan Metode Riset Pasar Ini

Agar produk/jasa bisa laku terjual, kamu sebagai pemilik bisnis sebaiknya mengetahui kebutuhan dan harapan konsumen. Kedua hal tersebut bisa diketahui dengan melakukan riset pasar. Namun, memilih metode yang tepat dalam melakukan riset pasar juga menentukan keberhasilan sebuah produk/jasa.

Selain untuk mengetahui kebutuhan dan harapan konsumen, riset pasar mendatangkan beberapa manfaat lain. Salah satunya, kamu bisa mengetahui kinerja kompetitor dalam menawarkan produk/jasanya. Manfaat lainnya, kamu bisa melakukan inovasi yang tepat sehingga konsumen menjadi setia menggunakan brand yang kamu miliki.

Untuk melakukan riset pasar, ada beberapa metode yang bisa dipilih.

Survei Pasar

Survei pasar merupakan salah satu metode riset pasar yang mudah diterapkan. Pasalnya, metode ini tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. Teknis pelaksanaannya juga mudah. Survei dilakukan dengan menanyakan beberapa pertanyaan (questionnaire) pada calon konsumen.

Pertanyaan tersebut tentunya berhubungan dengan tujuan dari diadakannya survei. Untuk menanyakannya, ada beberapa cara yang bisa dipilih, yaitu dengan menanyakannya secara langsung, melalui email, melalui website (survei online), ataupun melalui sambungan telepon.

Melakukan Riset Pasar dengan Interview

Metode riset pasar lain yang bisa dilakukan, yaitu interview perorangan. Umumnya interview dilakukan secara mendalam. Kamu bisa mengundang pengguna produk untuk menanyakan beberapa pertanyaan yang mendetail.

Keuntungan dari metode ini kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak daripada sekedar mengajukan questionnaire. Selain itu, metode ini juga hemat biaya. Namun, kerugiannya, informasi yang didapatkan sangat subjektif, alias tidak bisa mewakili sebagian besar konsumen.

Baca Juga: Pentingkah Mengetahui Market Size dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

Focus Group

Teknis pelaksanaan focus group hampir sama dengan interview perorangan. Hanya saja, cara ini dilakukan dengan mengundang lebih banyak konsumen. Namun, tidak sebanyak jika riset dilakukan dengan menggunakan metode survei pasar.

Pertanyaan yang bisa ditanyakan seperti tingkat kepuasan, preferensi, peningkatan yang diinginkan dari produk, dan lain-lain. Focus group dapat dilakukan dengan tatap muka langsung maupun video conferencing. Jadi, metode riset pasar ini cukup mudah untuk dilakukan.

Eksperimen Produk

Eksperimen produk atau yang sering dikenal dengan istilah tes pasar, dilakukan dengan memproduksi produk dan menjualnya langsung pada konsumen. Dari hasil penjualan ini kamu bisa mengetahui kelebihan produk yang benar-benar diinginkan konsumen.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mengetahui kekurangannya. Selain itu, kamu bisa mengetahui apa-apa saja yang perlu ditingkatkan dari produk/jasa yang ditawarkan.

Metode Riset Pasar Observasi

Metode riset pasar ini umumnya dilakukan untuk produk-produk yang sudah lama berada di pasaran. Selain itu, cara ini lebih sering digunakan untuk mengetahui perilaku konsumen. Observasi dilakukan dengan melakukan pengamatan saat konsumen melakukan pemilihan produk, membandingkan produk, melakukan transaksi, dan lain-lain. Cara ini bisa dilakukan dengan memasang kamera di toko atau supermarket.

Dengan pilihan metode riset pasar yang ada, kamu bisa memilih metode mana yang cocok atau paling memungkinkan untuk dilaksanakan. Sehingga, kamu bisa mengetahui keinginan atau kebutuhan sebenarnya dari konsumen yang nantinya menggunakan produk/jasa yang ditawarkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here