Waspada! Ini 6 Tipe Orang yang Sulit Sukses dalam Karier

Ada banyak hal yang bisa menentukan kesuksesan karier seseorang. Pun sebaliknya, ada tipe orang yang dinilai tak akan pernah sukses dalam karier. Persaingan karier pun semakin sengit dengan tuntutan skill yang mumpuni.

Selain itu, kecerdasan emosi juga menentukan perjalanan karier seseorang. Tingkat kecerdasan emosi yang berbeda-beda juga memunculkan beberapa tipe pekerja yang dianggap akan sulit sukses dalam karier.

Agar kamu tidak terjebak dalam tipe pekerja yang sulit sukses, pahami dulu beberapa karakter berikut ini:

The Dementor

Kamu yang mengikuti serial “Harry Potter” pasti mengenal makhluk jahat yang menghisap jiwa orang lain atau disebut dementor. Menurut penuturan penulisnya, J.K. Rowling, makhluk ini menggambarkan orang yang mampu menyebarkan aura negatif dan pesimisme kepada orang lain.

Di dalam dunia kerja, dementor dianggap sebagai toxic people atau racun yang membahayakan orang lain. Tipe ini juga dianggap sebagai salah satu pekerja yang sulit sukses dalam karier.

The Victim

Bila kamu senang memainkan peran sebagai korban dalam segala situasi, kesuksesan karier kamu bisa terancam. Pola pikir korban secara aktif mendorong tanggung jawab pribadi dengan membuat setiap rintangan sebagai hal yang tak mungkin dilewati.

Dengan kata lain, kamu tidak akan menjadikan waktu-waktu yang sulit sebagai proses pembelajaran, tapi melihatnya sebagai jalan keluar.

Baca Juga: Pentingnya Meningkatkan Skill Berpikir Analitis untuk Kesuksesan Karier

The Apologizer

Mengakui kesalahan dan meminta maaf memang penting, tapi kamu harus berhati-hati agar tidak menjadi bumerang untuk kesuksesan karier. Orang yang terlalu sering meminta maaf dianggap kurang percaya diri dan takut akan kegagalan.

Selain itu, meminta maaf saat tidak diperlukan malah akan membuat kamu terlihat tidak memiliki prinsip. Jadi, ucapkan permintaan maaf ketika kamu salah, dan jangan mudah mengumbarnya tanpa alasan yang kuat.

The Coward

Ketika kamu membiarkan rasa takut menguasai diri, maka akan sulit sukses dalam karier. Menjadi pengecut dan takut akan segala skenario yang belum pasti bisa menyebabkan karier seseorang tertahan.

Tidak berani mengambil tanggung jawab, melimpahkan kesalahan kepada orang lain dan menghindari risiko adalah ciri-ciri jika kegagalan karier ada di hadapan kamu.

The Arrogant

Arogansi adalah kepercayaan yang salah dan banyak menimbulkan masalah di tempat kerja. Seseorang yang sombong cenderung menghasilkan kinerja yang lebih rendah dan masalah kognitif dibandingkan orang lain.

Bukan hanya itu, dalam lingkungan kerja orang yang arogansi tidak memiliki tempat terbaik untuk berinteraksi dan membangun relasi.

The Tempramental

Beberapa orang sama sekali tidak memiliki kendali atas emosinya. Seseorang yang temperamental akan memiliki performa yang buruk karena emosinya mengaburkan penilaian, dan kurangnya kontrol diri menghancurkan hubungandengan orang lain.

Sulit untuk membangun suatu karier yang menonjol karena kamu tidak mau memahami situasi dan terus mendorong diri dengan emosi tanpa bisa berpikir jernih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here