Tipe Pengangguran Ini Sering Dijumpai, Kamu Pernah Jadi yang Mana?

Menjadi pengangguran dalam waktu cukup lama tentu menimbulkan perasaan tersendiri. Ada tipe pengangguran yang santai dan percaya kalau nanti pekerjaan akan datang, ada pula yang sebaliknya. Dari sekian beberapa tipe pengangguran berikut, kamu pernah termasuk yang mana?

Tipe Pengangguran yang Nggak Bisa Diam Pasti Punya Pekerjaan Lepas

Belum punya pekerjaan tetap tak membuat seorang pengangguran patah semangat. Baginya, dapur di rumah harus tetap mengebul dan satu-satunya jalan adalah kerja cari uang. Oleh sebab itu, pengangguran jenis ini suka sekali mencari proyek-proyek lepas sebelum serius mendapatkan pekerjaan.

Orang yang seperti ini biasanya susah diam alias bosan berdiam diri. Dia selalu merasa harus produktif meski belum resmi bekerja formal atau tetap. Dengan bekerja lepas, dia punya keuntungan punya pengalaman kerja dibandingkan teman-temannya yang lain.

Sering Datang ke Job Fair, Tipe Pengangguran Ini Semangatnya Tinggi

Ada juga pengangguran yang daya juangnya sangat tinggi dalam memperoleh pekerjaan. Mungkin puluhan lamaran sudah dia masukkan agar tidak hilang kesempatan bekerja. Bahkan, orang dengan semangat besar ini selalu rajin mendatangi job fair.

Kelebihan orang ini adalah tidak mudah putus asa. Baginya, kesempatan tidak akan hadir pada orang yang diam saja. Dia percaya untuk mendapatkan sesuatu yang baik, dia harus mati-matian mengejar dan mendapatkannya.

Ada Juga yang Frustrasi sampai Asal Melamar Pekerjaan

Beda dengan orang yang punya daya juang tinggi, tipe pengangguran ini justru tampak sudah putus asa karena asal melamar pekerjaan. Prinsipnya, pekerjaan apa pun akan dia lakukan asal dapat uang. Jadi, bisa dibilang tekanan mendapatkan uang adalah motivasi utamanya dalam bekerja.

Baca Juga: 5 Karakter Ini Menunjukkan Kamu Cocok Banget Bekerja Remote

Orang ini hampir dipastikan sudah ingin menyerah. Padahal, asal melamar dan memilih pekerjaan dapat berefek kurang baik dalam jangka panjang. Ingat, bekerja bukan hanya demi uang belaka, tetapi juga bagaimana kita belajar mengembangkan diri.

Anehnya, Ada Pula Tipe Pengangguran yang Ingin Selalu Hits di Media Sosial

Namun, ada juga pengangguran yang seolah tak begitu peduli dengan statusnya yang belum bekerja. Entah sudah bekerja atau belum, yang penting tetap harus hits di media sosial. Pengangguran seperti ini biasanya banyak mengisi waktu luangnya dengan berlibur.

Mungkin orang yang seperti ini merasa tidak terlalu buru-buru harus segera bekerja. Siapa tahu dia ingin menghabiskan jatah liburan panjang sebelum benar-benar bekerja. Lagipula bukankah kuliah pun sudah cukup banyak menghabiskan waktu dan tenaga?

Tak Kunjung Dapat Pekerjaan Bikin Pengangguran Makin Sedih

Tipe pengangguran terakhir ini cukup miris. Lantaran tak kunjung bekerja, semangatnya menurun dan dia pun mengalami demotivasi. Melamar pekerjaan pun rasanya sia-sia karena sudah berkali-kali ditolak.

Mungkin ini salah satu jenis pengangguran yang patut diwaspadai. Bayangkan saja, apa jadinya kalau semangatnya tak bangkit kembali? Bisa-bisa dia menjadi pengangguran seumur hidup!

Kira-kira kamu pernah merasakan menjadi tipe pengangguran yang mana nih? Semoga jalan yang sudah pernah kamu lewati dulu membuatmu lebih bijak dan bersyukur dalam bekerja sekarang ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here