Selain “Pewawancara Jenderal”, Ini Tipe Pewawancara Unik Lainnya

Mengenali tipe pewawancara sebelum Anda melakukan interview kerja bisa menguntungkan Anda. Setidaknya, Anda bisa mengurangi rasa grogi sepanjang wawancara dan mampu menjawab pertanyaan dengan tepat serta memberikan kesan positif. Jadi, yuk kenali beberapa tipe pewawancara unik yang mungkin mengejutkan Anda.

Tipe Jenderal

Tipe pewawancara ini cukup unik, ia sosok yang tanpa basa-basi. Ia akan menjaga meja tertata sedemikian rupa antara kalian berdua. Tipe jenderal ini lebih tertarik pada apa yang akan Anda berikan untuk pekerjaan daripada kepribadian. Ia akan mengajukan pertanyaan singkat dan mengharapkan jawaban singkat.

Tetapi, Anda tetap akan melihat kantor tipe pewawancara mirip jenderal ini rapi dan terorganisir baik dengan banyak pernak-pernik, seperti foto, karya seni, dan bahkan view luar jendela. Jadi, bersiap-siaplah untuk mengaitkan anekdot singkat dan contoh yang secara efektif menerjemahkan bagaimana pengalaman Anda memenuhi harapan perusahaan.

Tipe Host Talk Show

Tipe pewawancara ini seringkali memiliki kantor yang mengungkapkan style dan kepribadiannya, seperti keberadaan foto, karya seni, dan pernak-pernik kehidupan pribadi lainnya. Tipe pewawancara host talk show ini akan duduk di samping Anda, dan ini bisa membuat Anda lengah, yang mana ini menjadi poin penting.

Baca Juga: Grogi Interview dengan Pewawancara Lebih Muda? Lakukan Tips Berikut!

Host talk show kurang begitu peduli dengan detail pengalaman kerja Anda dan lebih fokus pada bagaimana Anda dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kultur perusahaan. Ia akan berbicara “kami” dan menekankan komitmen pada perusahaan. Untuk bisa menaklukannya, tanggapi dengan baik, dan tekankan pada skill perseorangan Anda.

Tipe Scientist

Ini adalah tipe pewawancara analitis dan ingin tahu bagaimana Anda akan berkontribusi dan kurang tertarik dengan apa yang Anda lakukan sekarang atau yang telah Anda lakukan. Pewawancara tipe scientist menghargai jawaban yang panjang dan terperinci, serta akan merasa frustasi dengan jawaban terlalu pendek atau kurang spesifik. fokus pada seberapa baik Anda akan melakukan pekerjaan, skill dan pengalaman yang akan Anda terapkan pada masalah, dan hasil yang bisa Anda berikan.

Tipe Bumbler

Pewawancara ini dianggap tidak kompeten dan kebanyakan akan sering mengoceh, tampak tidak terorganisir, dan tidak jelas tentang posisi yang akan Anda tempati. Jika Anda harus menghadapi tipe pewawancara seperti Anda harus bersikap ramah dan bagikan lebih banyak tugas tuan rumah dengan memberikan informasi secara sukarela dan mengarahkan pertanyaan sebaik mungkin. Ringkaslah keterampilan dan prestasi Anda agar tipe bumbler mempelajari informasi yang diperlukan tentang diri Anda dan keahlian Anda.

Tipe Clueless

Tipe terakhir ini yang paling unik. Boleh dibilang ini tipe pewawancara yang terlihat kebingungan, dan bahkan mungkin tidak tahu untuk posisi lamaran Anda. Jika Anda harus berhadapan dengan pewawancara seperti ini, jangan merasa frustasi, dan ikuti saja.

Tetaplah berpijak pada alur untuk tetap menjadi pribadi yang otentik, membuat koneksi, dan beri pewawancara sebuah taste tentang siapa Anda sebenarnya dan akan jadi apa bila Anda dipekerjakan. Dengan pendekatan seperti ini, bahkan jika Anda bertemu dengan tipe pewawancara clueless, Anda bisa berhasil lolos interview.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here