Tips agar Diterima di Perusahaan Impian, Siapkan Diri dari Sekarang!

Diterima di perusahaan impian tentu menjadi impian semua orang. Apalagi bagi para mahasiswa yang sedang berada di semester akhir pasti sudah membayangkan berkarier seperti apa. Di sisi lain, mendapat karier impian juga butuh perjuangan yang tidak main-main.

Andai kamu benar-benar ingin meraih karier incaranmu, sudah waktunya menyiapkan diri dari sekarang. Berikut beberapa tips agar diterima di perusahaan impian, simak baik-baik ya!

Miliki Ekspetasi yang Realistis

Sebelum berandai-andai diterima di perusahaan impian, kroscek kembali impianmu tersebut. Meski namanya bermimpi, bukan berarti tidak realistis. Tanya ke dirimu dulu, apakah kamu benar-benar mau dan yakin sanggup menjalani proses menuju ke sana?

Realistis dalam berekspetasi dapat menyelamatkanmu dari rasa kecewa berlebihan ketika gagal. Jangan hanya menentukan target berkarier di mana hingga kamu melepas kesempatan lain. Buatlah tujuan dan rencana realistis yang jelas sanggup kamu lakukan.

Persiapkan Kemampuan Sejak Dini

Kenali perusahaan incaranmu secara keseluruhan. Misalnya, produk atau layanan apa yang menjadi unggulannya. Cari tahu juga kultur perusahaan atau kompetensi karyawan yang dibutuhkan.

Ketika kamu sudah benar-benar ingin berkarier di sana, siapkan dirimu mulai sekarang. Terus belajar dan upgrade kemampuanmu. Bayangkan jika kamu benar-benar diterima di perusahaan impian tersebut, kontribusi apa saja yang dapat kamu berikan kepada perusahaan.

Buat CV sekaligus Portofolio

Selanjutnya, siapkan CV sebaik dan serapi mungkin. Kamu tidak harus fokus pada tampilan CV yang menarik. Kamu justru semestinya membuat isi CV kamu begitu meyakinkan sehingga rekruter tertarik.

Jika sudah pernah punya pengalaman kerja, jangan lupa sertakan portofolio dalam lamaran. Portofolio ini dapat dijadikan bukti dari kemampuan-kemampuan yang kamu miliki.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan agar Tidak Salah Pilih Tempat Kerja

Update Profil di Akun Media Sosial Profesional

Akun media sosial bisa digunakan untuk membuat personal branding secara profesional. Jadi, tidak ada salahnya memiliki akun di media sosial seperti LinkedIn. Melalui akun tersebut, rekruter dapat membaca profil dirimu dengan lebih profesional.

Kalau perlu, sertakan pula rekomendasi dari relasi yang pernah bekerja atau terlibat project denganmu. Di zaman sekarang sudah banyak sekali rekruter yang mencari bibit-bibit kandidat terbaik dari media sosial profesional.

Menyiapkan Wawancara Sebaik Mungkin

Jika tahap seleksi berupa tes telah terlewati, kamu pastinya akan menjalani wawancara. Kunci agar bisa diterima di perusahaan impian adalah menyiapkan diri untuk wawancara. Ambil pelajaran berharga dari kegagalan beberapa wawancara sebelumnya.

Bukan hanya datang tepat waktu, kamu sebaiknya juga sudah memiliki informasi cukup tentang perusahaan tersebut. Persiapkan pertanyaan yang sekiranya butuh diajukan ke rekruter. Paling penting adalah tampil percaya diri serta tenang selama wawancara berlangsung.

Jangan keburu menyerah andai kamu gagal diterima di perusahaan impian. Siapa tahu masih ada kesempatan lain. Selama itu, kamu dapat menyiapkan diri sebaik mungkin dari sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here