Melamar Kerja Gagal Terus? Ini Rahasia biar Diterima Kerja di Perusahaan

Diterima kerja di sebuah perusahaan jelas menjadi impian para pelamar kerja. Sayang, ketersediaan lapangan kerja saat ini lebih sering berbanding terbalik dengan jumlah pencari kerja. Alhasil, beberapa orang pun terpaksa berulang kali menerima penolakan kerja dari perusahaan.

Buat kamu yang masih fresh graduate, pasti sudah tak asing dengan penolakan kerja. Tidak apa-apa jika terus-menerus gagal, namanya juga proses untuk belajar. Simak tips sederhana berikut ini biar kamu bisa diterima kerja di perusahaan.

Ambil Waktu untuk Riset Minat dan Perusahaan

Tanpa kamu sadari, bisa jadi selama ini kamu hanya asal melamar ke banyak lowongan kerja tanpa memahami minatmu. Tuntutan untuk segera mendapatkan pekerjaan sering membuat seseorang terburu-buru memasukkan lamaran ke berbagai tempat. Padahal, sangat penting melakukan riset sebelum melamar.

Kenalilah dirimu sendiri, misalnya bidang pekerjaan apa yang diinginkan hingga perusahaan seperti apa yang diidamkan. Ingat kata pepatah: tak kenal, maka tak sayang. Lakukan sedikit riset mendalam pada suatu perusahaan jika kamu benar-benar ingin diterima kerja di perusahaan tersebut.

Perkaya Kemampuan Diri selagi Masih Menganggur

Jangan habiskan waktu menganggur dengan sia-sia. Pergunakan kesempatan tersebut untuk memperkaya diri sendiri, terutama meningkatkan kemampuan. Sekarang sudah semakin banyak kursus online yang bisa diikuti, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Kamu akan diterima kerja di perusahaan andai kamu sudah benar-benar menjadi kandidat layak dan berkualitas. Jadi, kurangi sifat suka mengeluh lantaran masih belum juga bekerja. Banyak hal lain yang bisa kamu kerjakan di masa menanti pekerjaan.

Baca Juga: Selain Cari Perusahaan Idaman, Fresh Graduate Juga Harus Lakukan Ini

Rutin Memerbaiki dan Perbaharui CV

Coba cari tahu kenapa kamu masih juga belum diterima kerja di perusahaan? Apakah kamu lebih sering gagal di tahap saringan awal atau justru saat proses tes dan wawancara? Mengetahui akar masalah sangat membantumu memerbaiki diri di kesempatan berikutnya.

Andai lamaranmu susah lolos di saringan awal, bisa jadi ada masalah di CV yang kamu buat. Oleh sebab itu, rutinlah perbaiki dan memperbaharui CV pada rentang waktu tertentu. Kenali bagaimana cara menulis CV yang baik agar rekruter tertarik padamu serta hal-hal apa saja yang boleh dicantumkan di sana.

Masukkan Lamaran di Beberapa Tempat

Terakhir, kamu butuh banyak peluang saat melamar kerja. Setelah tiga hal tadi kamu lakukan, maka selanjutnya kamu harus perbesar peluangmu diterima kerja di perusahaan. Caranya adalah dengan memasukkan lamaran ke beberapa tempat sesuai minat yang sudah kamu pahami sebelumnya.

Semakin banyak lamaran kamu masukkan, maka makin besar pula peluang kamu dipanggil. Jangan mudah menyerah ketiga gagal di satu tempat kerja. Siapa tahu kariermu akan berjodoh dengan perusahaan lain, jadi terus semangat melamar kerja ya!

Semoga tips di atas dapat memberi dorongan buat para pelamar kerja seperti kamu. Gagal terus-menerus memang menyakitkan. Tapi, menyerah di tengah jalan jelas bukan jawaban. Semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here