5 Tips Mudah agar Kamu Diterima Kerja di Startup, Siapin Dirimu!

Sebagian besar generasi Z sangat ingin diterima kerja di startup. Perkembangan zaman memang telah cukup banyak mengubah karier impian anak muda. Bukan hanya soal kemapanan hingga masa tua, melainkan juga merasakan banyak pengalaman.

Andai kamu juga ingin bisa diterima kerja di startup, ada baiknya kamu siapkan diri mulai dari sekarang. Berikut beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan.

Perbaiki Pola Pikir

Bekerja di startup bukan sekadar untuk terlihat keren. Ingat, tidak semua startup sudah berkembang dan punya finansial baik. Banyak startup kecil dan menengah yang juga tengah membangun perusahaan dengan mencari talenta muda.

Bepikirlah bahwa kamu butuh banyak belajar saat diterima kerja di startup. Kamu tidak serta merta mendapat gaji besar atau pun posisi nyaman. Kamu harus siap untuk belajar dari bawah, bahkan jika tanpa banyak arahan dari senior.

Siapkan CV dengan Tepat

Layaknya melamar di perusahaan biasa, kamu juga harus menyiapkan CV. Namun, usahakan untuk membuat CV yang tidak hanya menarik tetapi juga berkualitas. Pastikan kemampuan yang kamu miliki tergambar jelas pada CV yang kamu kirimkan.

Baca Juga: Mau Berkarier di Startup? Cermati Dulu Poin Ini Baik-Baik

Pelajari dulu startup yang kamu lamar, benarkah posisi yang dibutuhkan sesuai untukmu atau tidak. Jangan sampai kamu asal melamar pekerjaan tanpa berkaca pada latar belakang dan kemampuan diri ya. Buat detail CV secara ringkas, padat, dan pastinya menarik.

Perbanyak Skill

Kamu kemungkinan besar akan langsung dibanjiri hal-hal baru setelah diterima kerja di startup. Oleh sebab itu, kamu butuh menyesuaikan diri jauh-jauh hari. Selagi masih belum ada pekerjaan, perbanyaklah skill sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja kelak.

Pelajari hal-hal baru yang sekiranya bisa mendukung kemampuan yang sudah kamu kuasai sekarang. Andai skill kamu semakin meningkat, tentu kamu lebih berpotensi untuk diterima. Ingat, startup butuh orang-orang yang mau belajar cepat dan mandiri.

Bangun Percaya Diri Saat Wawancara

Mempersiapkan diri untuk wawancara juga penting loh. Wawancara di startup biasanya memang terkesan lebih fleksibel daripada perusahaan kebanyakan. Namun, bukan berarti kamu bisa terlalu santai tanpa persiapan ya.

Proses wawancara untuk karyawan startup lebih banyak menggali potensi dan karakter hingga lebih mendalam. Jangan terlalu takut untuk berbicara agar rasa percaya dirimu lebih meningkat. Budaya kerja startup identik dengan rasa percaya diri saat bekerja, jadi milikilah hal itu ya.

Pertimbangkan Offering dari Startup

Andai kamu tinggal selangkah lagi bisa diterima kerja di startup, jangan lupa untuk mempertimbangkan penawaran dari perusahaan. Tidak semua startup bisa memberi gaji tinggi untuk fresh graduate. Apalagi jika startup tersebut masih sangat baru dan butuh waktu untuk berkembang.

Tetapkan dulu tujuanmu untuk bekerja di sana, apakah semata-mata demi gaji atau pengalaman. Ini untuk mengantisipasi andai ke depannya kamu kurang puas dengan gaji yang diberi perusahaan. Pahami kembali tanggung jawab pekerjaan dengan gaji yang akan kamu terima.

Semoga tips tadi bermanfaat buat kamu ya. Selamat berjuang dan jangan menyerah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here