Huft! Benci pada Pekerjaan yang Anda Tekuni Sekarang? Inilah Beberapa Cara untuk Bertahan

benci pada pekerjaan
Sumber : mediabistro

Benci pada pekerjaan memang sebuah hal yang wajar. Namun, kira-kira apa alasannya dari Anda tak menyukai bahkan membenci pekerjaan yang sedang ditekuni saat ini? Yang pertama, tentu saja karena adanya rasa tidak betah yang membuat anda tidak bisa bertahan. Perasaan ini sendiri terasa paling kuat dengan memuncaknya rasa benci kepada pekerjaan.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi perasaan benci ini? Ada beberapa cara dan mungkin tidak semuanya akan bisa berlangsung dengan baik. Bahkan, bisa menjadi gagal. Lantas, bagaimanakah cara untuk tetap bertahan di saat Anda benci pada pekerjaan? Anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya beberapa cara ini ampuh untuk Anda merasa betah di sebuah pekerjaan meski Anda membencinya.

4 Cara Bertahan Ketika Anda Benci pada Pekerjaan yang Ditekuni

1. Berteman

beradaptasi dengan rekan kerja
Sumber: qerja

Carilah teman seperti rekan kerja, teman satu departemen, atau teman satu tim yang sama di lingkungan pekerjaan Anda. Usahakan untuk mencari dan mendapatkan sebanyak mungkin teman. Dengan memulai mencari teman, mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk bertahan di pekerjaan yang dibenci. Dan dari adanya persahabatan inilah yang pada akhirnya mampu membuat Anda bertahan di sebuah pekerjaan dalam waktu yang lama.

Lebih baik lagi, pilihlah teman yang bisa membuat Anda pada akhirnya mengubah perasaan benci tersebut menjadi suka dengan pekerjaan yang dilakukan.

2. Temukan Hal yang Menarik Minat

tunjukkan minatmu

Mungkin Anda membenci pekerjaan yang dilakukan, namun mungkin saja ada sebuah aspek yang menarik minat Anda di pekerjaan tersebut. Dan hal inilah yang seharusnya bisa menjadi fokus. Karena pada akhirnya, ada sebuah alasan tersendiri mengapa Anda memilih pekerjaan tersebut, bukan?

Hal yang menarik minat ini mungkin saja Anda menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan angka, meski pada sisi lain Anda membenci pekerjaan tersebut yang membuat Anda berhubungan dengan orang lain. Maka, cobalah untuk fokuskan minat pada kesukaan di angka tersebut.

3. Miliki Kegiatan di Luar Pekerjaan

Sebuah Hobi
Sumber : idiva

Dengan memiliki kegiataan lain di luar pekerjaan, Anda akan memiliki outlet untuk memusatkan perhatian. Cobalah cari sesuatu yang Anda yakini bahwa hal itu memang menyenangkan dan bisa dilakukan selepas kerja. Hal ini tentunya bisa menjadi sebuah motivasi tersendiri untuk bertahan di pekerjaan yang tak Anda sukai sekalipun.

Salah satu kegiatan lain yang bisa Anda lakukan adalah hobi. Anda bisa memiliki kegemaran yang akhirnya menjadi sebuah aktivitas tersendiri di luar kesibukan pekerjaan Anda. Yang mungkin, hobi merupakan hal yang sangat menarik dibandingkan dengan pekerjaan Anda. Untuk itu, tidak ada salahnya melakukan kegiatan ini sebagai pemanis hari Anda setelah letih dengan tugas Anda, bukan?

4. Miliki Goal

Sumber: sunlife
Sumber: sunlife

Goal, merupakan sebuah hal lain yang seharusnya bisa membuat Anda bertahan di sebuah pekerjaan, yang mungkin tidak Anda sukai sekalipun. Jadi, setelah melakukan sebuah pekerjaan dan meraih sukses dari pekerjaan (yang Anda benci) tersebut, Anda tahu bahwa ada goal yang berhasil dicapai.

Dan goal inilah yang membuat Anda akhirnya terus bertahan dan bekerja di perusahaan tersebut bagaimanapun juga.