5 Tips agar Tidak Tersesat di Gunung, Pastikan untuk Bawa Kompas Ya!

Anda hobi naik gunung? Atau, Anda baru mau mencoba naik gunung. Pendaki pemula biasa lebih memilih gunung dengan jalur yang sudah dikelola pihak Taman Nasional. Namun, masih ada saja pendaki yang kehilangan jalur sehingga tersesat di tengah hutan.

Tentu saja, tersesat di gunung menjadi hal yang paling ditakutkan para pendaki. Karena itu, berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda terhindar dari ancaman tersesat di gunung ketika Anda mendaki di kesempatan berikutnya.

Mempelajari Peta Gunung Sebelum Pendakian

Ini mungkin sederhana, tetapi ada banyak orang yang tidak pernah melihat peta sebelum mendaki. Jadi, luangkan waktu dan melihat jalur pendakian. Saat melihat peta, sebisa mungkin untuk mempelajari jalur lain, lokasi sungai dan anak sungai, atau apa pun yang menonjol.

Apakah pendakian hanya akan mengikuti sungai di sepanjang jalan? Apakah Anda akan mendaki punggungan ke puncak? Ini semua penting untuk diingat. Anda juga dapat mencari fitur di lanskap untuk membantu posisi Anda.

Selalu Bawa Peta dan Kompas

Idealnya, Anda harus membawa peta dan kompas saat mendaki yang menjadi barang penting untuk dibawa naik. Peta dan pengetahuan yang baik tentang cara menggunakan kompas akan memungkinkan Anda menemukan jalan kembali ke jalan setapak.

Lihat ke Belakang untuk Mengenali Jalur

Saat Anda hiking, Anda selalu melihat ke depan untuk menemukan jalan keluar. Ketika Anda kembali ke jalan di jalur yang sama, suasana akan terlihat sangat berbeda.

Jadi, melihat ke belakang saat Anda mencari jalur keluar bisa membantu Anda mengenali jalur yang Anda lalui. Tips ini berguna bila Anda menemukan persimpangan jalan dan semacamnya.

Baca Juga: Masih Pemula Soal Naik Gunung? Ikuti Tips Naik Gunung Berikut Ini!

Perhatikan Cuaca

Saat Anda hiking pastikan untuk memperhatikan cuaca sepanjang hari. Lihatlah ke langit untuk melihat apakah ada awan guntur besar atau kabut. Jika Anda mendaki dan melihat gulungan kabut tebal, Anda mungkin akan tersesat sebelum Anda tahu apa yang terjadi.

Perhatikan Lingkungan Sekitar Anda

Saat Anda mencari jalur kembali saat Anda tersesat, hal utama yang perlu dilakukan, yaitu rendam rasa panik. Lalu, perhatikan linkungan sekitar Anda. Hindari untuk berjalan-jalan tanpa arah karena Anda tidak akan bisa mengetahui posisi Anda berada jika keluar dari jalur.

Perhatikan bila Anda bisa melihat tebing, sungai, air terjun, atau sesuatu yang mudah dilihat dari jauh, yang mungkin bisa menutun Anda menemukan jalur kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here