Kuku Mudah Patah? Simak Tips Mencegah Kuku Patah Dengan Cara Alami

Kuku Mudah Patah? Simak Tips Mencegah Kuku Patah Dengan Cara Alami
Sumber: Everydayhealth

Bagi Anda yang kini memelihara kuku panjang, mendapati kuku patah tidak hanya menyakitkan secara fisik, tetapi juga secara emosional. Kedengarannya berlebihan ya, namun bagi wanita yang begitu peduli pada kesehatan kuku pasti akan berusaha keras agar kuku tangan bisa terlihat cantik dan manis. Tahukah Anda? Kuku patah dapat terjadi karena faktor internal dan eksternal. Namun jika ini seringkali terjadi, Anda perlu mewaspadainya. Menurut hasil penelitian, dikatakan bahwa kuku yang mudah patah, sobek, atau retak seringkali disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu nail polish, terkena air terlalu lama atau bahan kimia dan faktor usia. Untuk mencegah kuku patah, Anda dapat melakukannya dengan cara alami. Berikut paparan lengkapnya.

Cara Mencegah Kuku Patah Secara Alami

Tea Tree Oil

tea tree oil
Sumber: keeper of the home

Tea tree oil memiliki sifat sebagai agen antiseptik dan anti-bakteri kuat yang dapat membantu mencegah kuku patah, retak, dan sobek. Bahan alami ini juga memiliki manfaat luar biasa untuk merawat warna kuku. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan 3 – 4 tetes tea tree oil dan minyak zaitun dengan takaran sama. Campurkan kedua bahan alami tersebut secara merata lalu gunakan untuk memijat kuku. Biarkan selama 30 menit baru kemudian dicuci. Selain dapat membantu melembapkan kuku, ramuan ini juga dapat membantu menghidrasi kuku, sekaligus mencegah kuku patah.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Melakukan pijatan ringan pada kuku selama 15 menit dengan minyak zaitun hangat juga dapat membantu mengatasi kuku patah dan tergores. Bila Anda melakukannya di malam hari, biarkanlah semalaman agar nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun dapat terserap oleh kulit. Ini adalah perawatan kuku murah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kuku patah dan terkelupas. Agar hasilnya maksimal, lakukan perawatan selama 1 minggu agar kuku menjadi semakin lembap.

Minyak Vitamin E

vitamin-E
Sumber: sehatly

Karena kurangnya kelembapan dan vitamin dalam tubuh, hal ini bisa membuat kondisi dan kekuatan kuku menjadi lemah serta riskan. Minyak vitamin E dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kuku, sekaligus mencegah kuku patah akibat kondisi kering dan pecah-pecah. Untuk melakukannya, ambil 1 kapsul vitamin E dan minyak vitamin E. Selanjutnya, lakukan pijatan ringan dengan menggunakan minyak vitamin E selama 10 menit. Biarkanlah semalaman lalu ulangi lagi dengan proses sama tiap hari untuk hasil maksimal.

Cuka Sari Apel

Kesehatan dan Kecantikan
Sumber : authoritynutrition

Bahan alami lain yang juga efektif untuk mencegah kuku patah adalah cuka sari apel. Bahan alami ini dapat menguatkan kuku rapuh karena kaya akan nutrisi, vitamin, iron, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut dapat membantu melawan infeksi kuku serta mencegah terjadinya kondisi kuku sangat kering. Untuk membuatnya, campurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan sama. Lalu, rendamlah kuku selama 10 menit. Setelah itu lembapkan kuku dengan krim pelembap kuku.

Minyak Kelapa

minyak kelapa

Minyak kelapa diketahui memiliki sifat anti-bakteri, anti-peradangan, dan antiseptik sehingga baik digunakan untuk menutrisi kuku lemah dan rapuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, hangatkanlah minyak kelapa lalu gunakan untuk memijat kuku. Ulangi perawatan kuku ini sebanyak 2 x sehari untuk mendapatkan hasil optimal. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan minyak kelapa dengan lemon untuk mendapatkan manfaat lebih.

Konsumsi Makanan Kaya Akan Biotin

sumber biotin
Sumber: kinisehat

Selain melakukan perawatan kuku dari luar, Anda juga perlu mendapat asupan nutrisi dari dalam untuk mencegah kuku patah akibat kuku terlalu kering, lemah, dan rapuh. Anda dapat mengonsumsi makanan kaya akan biotin agar kondisi kuku bisa lebih kuat. Misalnya alpukat, telur yang telah dimasak, dan gandum utuh.

Selain dengan cara di atas, Anda juga dapat mencegah kuku patah dengan menghindari pemakaian nail polish remover secara berlebihan dan minum air yang cukup. Selamat mencoba.