Lagi Mencari Pekerjaan Baru dan Ketahuan Atasan? Lakukan Cara Ini!

Mencari pekerjaan baru saat masih berkarier di suatu perusahaan memang hal wajar. Terlebih bagi karyawan yang butuh mendapatkan karier lebih baik, entah dari segi gaji maupun perusahaan. Jadi, sah-sah saja mencoba mencari kesempatan baru di sela-sela masih aktif bekerja di suatu perusahaan.

Namun, apa jadinya kalau atasan mengetahui sepak terjang karyawan yang lagi gencar mencari tempat baru? Tentu bisa kamu bayangkan suasanya menjadi serba canggung dan tidak enak. Apalagi jika atasan sampai merasa “terkhianati” atas sikap bawahannya.

Pernahkah kamu mengalami hal serupa? Jika kamu tengah merasakannya, coba sikapi masalah tersebut dengan hal berikut ini. Kamu tetap bisa memberikan pengertian ke atasan kok meski tengah mencari pekerjaan baru.

Jelaskan Alasanmu dengan Tepat

Andai kamu ketahuan sedang mencari pekerjaan baru, segera siapkan alasan spesifik untuk menghadapi atasan. Alasan yang tepat tanpa dibuat-buat akan jauh lebih mudah dipahami sekaligus diterima atasan. Lagipula, atasan juga sebenarnya pasti memaklumi tindakanmu kok.

Beberapa alasan bisa menjadi latar belakang kenapa kamu ingin pindah kerja. Kalau kamu memang berniat mengembangkan karier dan potensi, jabarkanlah hal tersebut dengan jujur. Ada juga hal lain seperti rencana menikah, pindah rumah, atau kondisi perusahaan yang tengah tak menentu. Apa pun alasannya, yang penting disampaikan jelas, lugas, dan tepat.

Ungkapkan secara Jujur Tanpa Perlu Ditutupi

Kamu tidak perlu takut jujur mengakui tengah mencari pekerjaan baru. Dengan alasan yang tepat, kamu tentu tak usah menutup-nutupinya dari atasan jika terlanjur ketahuan. Atasan biasanya akan mengonfirmasi langsung padamu dan di situlah kamu harus jujur.

Jangan mengelak apalagi berbohong ya. Berpura-pura tidak melamar pekerjaan di perusahaan lain justru akan memperburuk posisimu di kantor. Bukan tidak mungkin nih, atasanmu justru menjadi kurang percaya kepadamu.

Baca Juga: Pertimbangan Berganti Karier di Masa Pandemi yang Harus Kamu Tahu

Tunjukkan Komitmenmu

Selama kamu masih bekerja di perusahaan sekarang, tunjukkanlah kesetiaan beserta komitmenmu. Toh, belum tentu juga kamu langsung memperoleh pekerjaan baru juga kan? Setelah kamu mengkomunikasikan dengan baik kepada atasan, kembalilah bekerja seperti biasa.

Ingat, mencari pekerjaan baru tidak boleh membuat kamu hilang fokus dalam bekerja. Saat kamu mempertahankan kesungguhan kerja, tentu atasan dapat menilaimu sebagai orang berkomitmen. Jika kemudian kamu harus pindah kerja dengan karier lebih baik, atasanmu dapat melihat usahamu tidak sia-sia.

Jangan keburu panik saat atasan tahu kamu sedang mencari pekerjaan baru. Usahakan kamu berbicara jujur kepadanya sebelum gosip tersebut makin disebarkan oleh rekan kerja lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here