Bekerja Tidak Sesuai Kontrak, Apa yang Sebaiknya Dilakukan Karyawan?

Sebelum bergabung dengan suatu perusahaan, biasanya calon karyawan akan diminta membaca dan menandatangani kontrak kerja. Dokumen tersebut memang penting untuk mendukung kesepakatan antara dua belah pihak. Sayangnya, tak sedikit karyawan yang terpaksa bekerja tidak sesuai kontrak saat berkarier di perusahaan.

Apa saja dampak yang terjadi bila karyawan bekerja tidak sesuai kontrak? Mari simak ulasan lengkap berikut ini agar kamu lebih cermat menyikapi hal tersebut.

Mengenal Fungsi Kontrak Kerja

Kontrak kerja merupakan bentuk kesepakatan sekaligus perlindungan bagi perusahaan maupun karyawan. Isi kontrak kerja biasanya mencakup tentang hak-hak dan kewajiban kedua belah pihak selama menjalankan pekerjaan sesuai prosedur yang berlaku. Karyawan maupun perusahaan tak boleh melanggar isi kontrak kerja yang telah disepakati.

Meskipun sudah ada kontrak kerja sebagai payung hukum, nyatanya tak sedikit karyawan yang terpaksa bekerja tidak sesuai kontrak karena tekanan perusahaan. Karyawan dengan tingkat pendidikan rendah kerap tak menyadari hal ini karena tidak memperhatikan isi kontrak kerja. Sedangkan karyawan dengan tingkat pendidikan tinggi justru memilih pasrah karena tak ingin kesulitan mencari pekerjaan baru.

Baca Juga: Yuk, Lakukan Langkah Antisipasi bila Kontrak Kerja Tidak Diperpanjang!

Dampak yang Terjadi Bila Pekerjaan Tidak Sesuai Kontrak

Beberapa dampak ini tentu tak dapat dihindari bila karyawan bekerja tidak sesuai kontrak:

  • Beban kerja berlebihan rentan memicu burnout pada karyawan.
  • Loyalitas dan semangat kerja karyawan rentan berkurang drastis.
  • Membuat karyawan rentan resign bila karyawan yang bersangkutan tidak nyaman tetapi enggan menyampaikan komplain pada perusahaan.
  • Tingkat turnover karyawan perusahaan semakin tinggi.
  • Citra perusahaan di mata khalayak ramai menjadi buruk jika berita tentang kecenderungan bekerja tak sesuai kontrak telah menyebar luas.
  • Perusahaan kesulitan mempertahankan karyawan terbaik yang berperan penting bagi kemajuan bisnis.

Bagaimana Cara Mencegah Hal Tersebut?

Risiko bekerja tidak sesuai kontrak di perusahaan sebenarnya dapat diminimalkan melalui beberapa hal berikut ini:

  • Perusahaan terbuka terhadap komplain karyawan mengenai beban kerja, hak, dan kewajiban yang tak sesuai dengan kontrak kerja.
  • Bersedia mengadakan proses mediasi bila ada karyawan yang protes karena pekerjaannya tak sesuai dengan kontrak kerja.
  • Selain itu, perusahaan juga patut mengadakan evaluasi rutin terhadap kesesuaian antara kontrak kerja dan realita yang dihadapi karyawan.
  • Memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi yang dicapai karyawan.

Masalah karyawan yang bekerja tidak sesuai kontrak memang tak boleh dianggap remeh. Karyawan harus bersikap proaktif dalam memperjuangkan hak-haknya sebagai pekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here