Atasi Insomnia Saat Puasa dengan Lakukan Beberapa Hal Ini

Kali ini bulan Ramadhan kita lalui dengan berbeda. Sambil menjalankan ibadah puasa, kita juga menjalankan work from home sebagai upaya untuk mencegah penularan virus COVID-19 yang kini menjadi pandemi global. Saat Ramadhan, biasanya banyak orang mengalami insomnia. Masalah insomnia saat puasa semakin meresahkan karena WFH.

Pasalnya, jam kerja saat WFH menjadi tidak terbatas. Namun, kamu jangan khawatir, kamu bisa atasi masalah insomnia saat puasa asal disiplin melakukan beberapa hal.

Nah, di penghujung bulan Ramadhan ini, yuk ikuti anjuran berikut ini untuk mengatasi insomnia:

Bangun pada Waktu yang Sama Setiap Hari

Untuk atasi insomnia, pertama kamu harus bangun pada waktu yang sama setiap hari secara konsisten. Mungkin sulit pada awalnya, terlebih jika dilakukan di hari libur, namun kamu perlu mencoba cara ini untuk melatih tubuh agar bangun pada waktu yang sama.

Mulailah untuk tidur lebih awal sehingga kamu punya waktu istirahat yang cukup sebelum sahur. Perlahan bila kamu displin, masalah insomnia saat puasa akan teratasi.

Baca Juga: Waspada! 5 Penyebab Insomnia yang Merusak Kualitas Tidur

Atasi Insomnia dengan Menghindari Stimulan

Tahukah kamu bahwa stimulan seperti kafein yang terkandung dalam kopi dan teh bisa memengaruhi kualitas tidur secara signifikan? Faktanya, kafein tidak hanya menyebabkan kesulitan tidur, tetapi bisa membuat kamu sering terbangun di malam hari.

Tak hanya itu, jika kamu tengah mengonsumsi obat yang bertindak sebagai stimulan, seperti dekongestan atau inhaler asma, maka tanyakan pada dokter mengenai dosis yang tepat agar tidak mengganggu kualitas tidur.

Batasi Tidur Siang

Tidur siang di bulan Ramadhan memang menyegarkan. Tidur siang juga bisa membantu mengatasi rasa lapar selama berpuasa. Namun, kamu harus membatasi tidur siang sebagai Langkah efektif untuk atasi insomnia di malam hari.

Ingat ya, tidur siang yang terlalu lama memengaruhi kualitas tidur malam hari. Jadi, tidur siang secukupnya saja.

Atasi Insomnia Saat Puasa dengan Berolahraga

Olahraga teratur nyatanya efektif meningkatkan kualitas dan durasi tidur. Namun, berolahraga segera sebelum tidur bisa memiliki efek stimulan pada tubuh, sehingga harus dihindari. Kamu bisa mencoba untuk olahraga setidaknya tiga jam sebelum tidur.

Dengan berolahraga sebentar sebelum tidur, dijamin kualitas tidur kamu akan lebih baik.

Jangan Beraktivitas di Tempat Tidur

Hampir setiap orang akan membuka gadget terlebih dahulu sebelum tidur, untuk banyak kegiatan seperti main game, buka sosial media, atau mendengaran lagu. Namun, kebiasaan ini bisa menjadi penyebab utama insomnia.

Untuk atasi insomnia, sebaiknya jangan melakukan aktivitas apa pun setelah berbaring di tempat tidur.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk atasi insomnia. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here