Lelah Mencari Pekerjaan selama Pandemi? Coba Lakukan Hal-Hal Ini!

Di masa pandemi ini, kebanyakan fresh graduate mulai lelah mencari pekerjaan di tengah persaingan yang amat sengit. Belum lagi beberapa orang yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) pun mulai kelimpungan mencari tempat kerja baru. Sangat wajar jika akhirnya banyak pencari kerja mulai menurun kesehatan mentalnya.

Kamu pun mungkin tengah merasakan hal yang sama. Saat kamu mulai lelah mencari pekerjaan, tidak ada salahnya berhenti sejenak. Lakukanlah hal-hal berikut ini untuk membantumu mengatasi kelelahan tersebut.

Temukan Teman untuk Bicara

Luangkan waktu untuk bercerita pada orang-orang terdekat yang kamu percayai. Ingat, terlalu sering meratapi rasa lelah mencari pekerjaan rentan membuatmu stres. Andai kamu terus menyimpan kesedihan ini sendirian, tentu hasilnya sangat tidak baik untuk kesehatan mentalmu.

Kamu tidak perlu mencurahkan hati pada banyak orang. Bicaralah pada satu atau dua orang pun cukup, asalkan mereka benar-benar bisa membuatmu nyaman. Menemukan teman bicara turut membantu membangkitkan semangat.

Rehat dari Rutinitas Melamar Kerja

Kamu memang seperti dituntut segera mendapatkan kerja setelah lama menganggur. Namun, bukan berarti kamu tidak membutuhkan istirahat. Jika sudah benar-benar lelah mencari pekerjaan, terutama dari sisi mental, tidak ada salahnya kamu ambil waktu untuk rehat.

Ambil jeda waktu beberapa hari untuk tidak melamar kerja, terutama via online. Alihkan kesibukan mencari kerja dengan hal lain agar pikiranmu tidak makin kalut. Tenang, peluang memperoleh kerja tidak akan serta merta menurun, kamu hanya butuh istirahat sejenak.

Baca Juga: Tips Mencari Kerja Online biar Aman dan Pastinya Sukses

Lakukan Hal-Hal Menyenangkan

Isilah waktu luang dari kebiasaan melamar kerja dengan kegiatan menyenangkan. Kamu bisa ambil waktu untuk hobi atau pun kursus online. Jadi, waktu jedamu pun tetap bermanfaat dan dapat memberikan kesenangan hati.

Lelah mencari pekerjaan adalah tanda bagi kamu untuk mencari peluang lain. Siapa tahu kini kamu butuh menaikkan kemampuanmu melalui kursus. Intinya, pastikan kamu tetap bertumbuh sekali pun sedang rehat dari melamar pekerjaan apa pun.

Perbaharui CV dan Baca Info-Info seputar Interview

Lelah mencari pekerjaan juga mampu menjadi waktu untuk refleksi diri. Saat hatimu sudah lebih tenang, coba periksa hal-hala apa saja yang mungkin membuatmu masih gagal memperoleh pekerjaan. Entah itu dari proses mengirim lamaran, tes kerja, hingga wawancara.

Manfaatkan waktu senggang yang ada untuk perbaikan diri. Misalnya, kamu perbaharui CV agar terlihat makin profesional dan menarik. Bacalah info-info atau tips seputar wawancara yang bisa menjadi bekal saat kamu menjalani wawancara kelak.

Itulah cara sederhana yang dapat membantumu lepas dari rasa lelah mencari pekerjaan. Ambil waktu untuk rehat sejenak dan bangkitkan kembali semangatmu. Semoga kamu mendapatkan karier impianmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here