Terancam Mengalami PHK di Saat Pandemi, Gimana Mengantisipasinya?

Mengalami PHK adalah sesuatu yang paling tidak diinginkan siapa pun. Sayangnya, ancaman tersebut justru membayangi sebagian pekerja di tengah wabah Covid-19 ini. Banyak perusahaan pun tengah mati-matian mempertahankan para karyawan agar tidak ada yang kena PHK.

Tidak ada salahnya untuk bersiap menghadapi kemungkinan terburuk. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan andai sewaktu-waktu kamu mengalami PHK.

Beberapa Karyawan Mau Tidak Mau Bersiap Mengalami PHK

Satu hal yang harus dipegang saat ini adalah kesiapan untuk menghadapi skenario paling buruk. Sudah ada beberapa karyawan yang terpaksa mendapat potongan gaji. Ada pula yang lebih apes karena harus mengalami pemutusan hubungan kerja.

Siapkan hati untuk menghadapi hal-hal di atas. Kamu tentu harus tetap berusaha dan bekerja sebaik mungkin, hanya saja bukan tidak mungkin hal buruk bisa terjadi. Setidaknya kamu akan bisa menyikapi hal-hal tadi dengan lebih dewasa karena sudah menyipakan mental.

Evaluasi Pengeluaran Harus Lebih Ketat untuk Antisipasi Jika Mengalami PHK

Sebelum hal buruk itu terjadi, kuatkan dulu kondisimu. Salah satu kondisi yang harus kamu pastikan aman adalah keuangan. Entah sudah berkeluarga atau belum, cobalah untuk mengevaluasi kembali pengeluaran bulananmu selama ini.

Coretlah hal-hal yang kurang penting karena kamu seharusnya mulai lebih banyak menabung daripada membelanjakan uang. Pastikan kebutuhan utama terpenuhi dan sebisa mungkin kurang belanja hal yang tidak perlu. Di saat kritis seperti ini sudah saatnya kamu lebih “keras” pada diri sendiri dalam hal keuangan.

Baca Juga: Ini Anjuran Psikolog untuk Atasi Stres akibat PHK karena Virus Covid-19

Periksa Dana Darurat sebagai Amunisi di Tengah Pandemi

Ancaman mengalami PHK bisa datang sewaktu-waktu. Kamu tidak akan pernah tahu apakah keuangan perusahaan masih bisa berjalan baik hingga beberapa bulan ke depan. Andaikan tiba-tiba kamu terkena pemutusan hubungan kerja, apakah kamu sudah siap secara finansial?

Itu sebabnya, keberadaan dana darurat sangat diperlukan. Pastikan kamu memiliki simpanan setidaknya enam kali gaji bulanan. Setidaknya kamu bisa bernapas enam bulan ke depan dengan normal jika kamu mengalami hal buruk.

Jika Benar-Benar Mengalami PHK, Mulailah Cari Pekerjaan Online

Dana darurat memang bisa mengamankan hidupmu dalam beberapa bulan ke depan andai kamu kena PHK. Namun, penting juga untuk menyiapkan rencana selanjutnya saat belum mendapat pekerjaan baru. Mulailah mencari pekerjaan yang bisa dilakukan secara online sebagai pengganti pekerjaan utamamu.

Ingatlah untuk berpegang pada prinsip tetap bertahan di kondisi serba sulit. Percayalah selalu ada jalan keluar di setiap kesulitan. Kembangkan potensimu untuk belajar hal-hal baru agar mampu mengatasi situasi sulit ini.

Tetap siaga dan kencangkan ikat pinggang di tengah pandemi. Entah akan mengalami PHK atau tidak, setidaknya kamu siapkan diri untuk menghadapi situasi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here