Bagaimana Cara Terbaik Menyikapi Tumpukan Stok Barang Tidak Laku?

Bisnis memang tak selalu berjalan mulus sesuai rencana. Biasanya selalu ada saja kendala yang harus dihadapi, terutama yang berhubungan dengan stok barang tidak laku. Kondisi pandemi COVID-19 bahkan memperparah penurunan omzet pada sebagian besar sektor bisnis di tanah air.

Lantas, bagaimana cara terbaik menyikapi stok barang tidak laku saat berbisnis?

Jangan patah semangat dulu jika harus menghadapi kendala tersebut. Lakukan beberapa hal berikut ini agar tumpukan barang tersebut tak membuatmu kewalahan:

Membanderol Produk dengan Harga Diskon

Menjual stok barang yang tidak laku dengan harga diskon adalah cara yang paling umum. Jika memungkinkan, sebaiknya kamu tidak menjual barang-barang tersebut di bawah harga modal. Sehingga kamu tetap bisa balik modal dan dapat mengalokasikan dana tersebut untuk perputaran barang lainnya.

Membuat Bundling Produk

Teknik yang paling sering dilakukan pebisnis untuk mengatasi stok barang tidak laku adalah membuat paket bundling. Produk yang stoknya menumpuk dan terbilang kurang laku harus dijual satu paket dengan produk yang paling laris.

Biasanya cara ini terbilang efektif karena pelanggan membutuhkan atau menginginkan produk yang laris sehingga merasa tak masalah jika harus membelinya bersamaan dengan produk lain.

Baca Juga: STP Marketing dan Penerapannya untuk Mendukung Pencapaian Tujuan Bisnis

Menjadikan Produk Tampak Lebih Eksklusif

Cara lain yang tak biasa untuk menangani stok barang tidak laku adalah menjadikannya tampak lebih eksklusif. Jangan ragu menaikkan harganya dan memajang produk tersebut di tempat paling eksklusif (jika kamu mempunyai toko fisik).

Hal tersebut akan membuat para pelanggan beranggapan bahwa produk itu benar-benar istimewa sehingga menggugah pelanggan untuk memilikinya.

Menyiapkan Produk untuk Hadiah Giveaway

Jangan pusing dulu menghadapi stok barang tidak laku yang menumpuk. Kamu masih bisa memanfaatkannya sebagai hadiah giveaway di media sosial. Saat ini, bisnis apapun harus didukung oleh akun media sosial agar bisa meraih target pasar yang lebih luas.

Cantumkan syarat berupa repost atau tag pengguna media sosial lainnya ketika mengadakan giveaway agar bisnismu semakin dikenal banyak pengguna internet.

Mencari Jasa Endorse Gratis

Stok barang tidak laku juga dapat digunakan untuk memperoleh endorse gratis. Kini, banyak micro-influencer di media sosial yang menyiapkan jasa endorse gratis sebagai imbalan terhadap kiriman produk yang mereka dapatkan. Carilah jasa tersebut dengan hashtag #GratisEndorse dan jangan lupa menyesuaikan karakter micro-influencer dengan jenis produkmu.

Sekarang, kamu tahu kan kalau stok barang berlebihan bukanlah masalah besar bagi bisnis. Sikapi hal tersebut dengan bijak dan kreatif agar tidak menimbulkan kerugian besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here