Pengidap Anemia Ingin Puasa, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Anemia adalah kondisi yang terjadi saat seseorang memiliki jumlah sel darah merah yang berkurang jumlahnya. Pengidap anemia biasanya akan merasakan gejala seperti lemas dan lesu akibat kurangnya asupam sel darah merah yang seharusnya membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini cukup mengganggu jika sambil menjalankan ibadah puasa.

Nah, untuk kamu yang merupakan pengidap anemia, berikut terdapat tips yang bisa dilakukan agar ibadah puasa lancar:

Pengidap Anemia Dilarang Konsumsi Kafein dan Soda

Langkah pertama mengatasi anemia saat puasa adalah mendapatkan asupan zat besi tinggi. Karena zat besi bisa membantu pembentukan sel darah merah dengan cepat.

Untuk itu, konsumsi kafein dan soda harus dihindari karena kedua kandungan ini bisa menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Pengidap Anemia Wajib Cukup Istirahat

Langkah selanjutnya dalam mengatasi anemia saat puasa adalah menjaga waktu istirahat agar tetap cukup. Orang yang tidak memiliki waktu istirahat yang cukup biasanya akan memiliki tekanan darah yang rendah, serta merasa mudah lelah.

Untuk mencegah hal ini, maka kamu harus memastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup supaya terhindar dari anemia.

Baca Juga: Memperkuat Sistem Imun Tubuh Saat Puasa #dirumahaja, Ini Tipsnya!

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Zat Besi Tinggi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pengidap anemia sangat membutuhkan asupan zat besi tinggi untuk membantu produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Untuk melancarkan kegiatan beribadah puasa, kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi zat besi saat sahur dan berbuka. Kandungan zat besi bisa kamu temukan dalam daging merah, kuning telur, seafood, dan gandum.

Pengidap Anema Wajib Olahraga Ringan

Langkah selanjutnya dalam mengatasi anemia saat puasa adalah melakukan olahraga secara rutin. Meski sedang berpuasa, pengidap anemia disarankan untuk melakukan olahraga yang ringan saja supaya dapat membantu menurunkan kadar hormon stres.

Dengan menurunnya kadar hormon stres dalam darah, aliran darah dalam tubuh bisa lebih lancar, serta tekanan darah menjadi lebih stabil.

Pastikan Berbuka dengan Makanan Manis

Kadar gula dalam darah otomatis akan turun saat menjalankan ibadah puasa, oleh karena itu pengidap anemia bisa saja merasa merasa lebih lemas dari orang lain.

Jadi, disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis saat berbuka untuk mengembalikan kadar gula darah yang hilang selama berpuasa.

Konsumsi Suplemen Penambah Darah

Apabila sangat dibutuhkan, sebaiknya pengidap anemia mengonsumsi suplemen penambah darah yang mengandung zat besi, serta vitamin B seperti asam folat. Namun sebelum mengonsumsi suplemen penambah darah, sebaiknya didiskusikan terlebih dulu dengan dokter.

Penting untuk diketahui bahwa gejala anemia bisa sangat bervariasi, tergantung pada penyebab yang mendasari. Pengidap anemia biasanya mengalami gejala umum berupa lemas dan cepat lelah, sakit kepala, kulit terlihat pucat, detak jantung tidak teratur, napas pendek, nyeri dada, serta rasa dingin yang menjalar pada tangan dan kaki.

Nah, sebelum menjadi semakin parah, pastikan kamu selalu menghibingi dokter untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here