Part Timer: Tips Bekerja Paruh Waktu, Biar Sukses dan Produktif

Selain bekerja secara tetap sebagai karyawan, bekerja juga bisa dilakukan secara part time atau paruh waktu. Pada umumnya jenis pekerjaan paruh waktu tidak memerlukan waktu yang panjang, seperti halnya bekerja secara tetap. Untuk sebagian orang, bekerja secara paruh waktu bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan penghasilan.

Pekerjaan paruh waktu biasanya merupakan jenis pekerjaan yang membutuhkan pergantian shift. Semisal, bekerja di restoran atau hotel. Meski demikian, jenis pekerjaan ini tidak bisa dianggap remeh. Karena bekerja secara paruh waktu bisa saja menjadi langkah awal bagi perjalanan karier seorang karyawan.

Di sisi lain, tidak semua orang bersedia bekerja part-time. Kalaupun bersedia, tidak semua part-timer atau pekerja paruh waktu bisa sukses dalam pekerjaannya. Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk bekerja secara paruh waktu, perhatikan beberapa hal ini.

Apakah Menjadi Part Timer Cocok untuk Saya?

Untuk mengetahui dengan pasti apakah kamu cocok bekerja secara paruh waktu, ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya kamu jawab.

“Apakah Pekerjaan Ini Tidak Mengganggu Jadwal Saya?”

Banyak orang ingin bekerja part-time karena pekerjaan ini menyisakan banyak waktu untuk kegiatan lainnya. Semisal, kuliah, menjaga dan mengawasi anak ataupun bekerja di tempat lain. Untuk itu, kamu harus memastikan pekerjaan paruh waktu yang dilakukan tidak mengganggu aktivitasmu yang lain.

“Apakah Penghasilan yang Didapatkan Cukup?”

Pekerjaan paruh waktu umumnya memberikan penghasilan lebih kecil daripada pekerjaan tetap. Pastikan kebutuhanmu bisa terpenuhi jika kamu memutuskan untuk bekerja paruh waktu.

“Langkah Awal Bagi Pengembangan Karier?”

Ada banyak jenis pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan. Jika kamu peduli pada masa depan karier, maka kamu harus mempertimbangkan apakah akan menjadikan pekerjaan paruh waktu itu sebagai batu loncatan bagi pengembangan kariermu.

Baca Juga: Ssst… Gini Lho Langkah Sederhana Menjadi Freelancer Kaya Raya

Tips Sukses Bekerja Paruh Waktu

Agar bisa sukses bekerja part-time, kamu tentunya harus mengatur waktu dan jadwal kerja dengan baik. Lakukan penyesuaian jadwal kerja dengan jadwal kegiatan pribadi. Selain itu, beberapa hal ini juga sebaiknya diperhatikan.

Membangun Komunikasi

Bangunlah komunikasi dengan manajer atau supervisor dan rekan kerja. Hal ini penting karena waktu bekerjamu sangat terbatas. Dengan komunikasi yang terjalin baik, kamu akan lebih efektif dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaan.

Mengetahui Batasan

Semakin lama durasi bekerja, penghasilan yang didapatkan akan semakin besar. Tapi, cobalah untuk membatasi diri. Dalam hal ini perhatikan waktu untuk melakukan kegiatan pribadi, beristirahat dan bersosialisasi.

Think Outside The Box

Cobalah untuk mencari tugas atau pekerjaan lain yang bisa diselesaikan. Meskipun pekerjaan itu bukan merupakan job-desc kamu. Komunikasikan hal ini dengan manajer atau supervisor. Dengan begini, kamu bisa memberikan kontribusi tambahan bagi perusahaan.

Dengan menjalankan peran sebagai menjadi pekerja paruh waktu yang profesional, diharapkan kamu bisa bekerja dalam jangka panjang. Lebih dari itu, kamu punya kesempatan untuk merubah status dari hanya seorang part timer menjadi karyawan tetap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here