Bekerja saat Hamil Tetap Bisa Lancar, Begini Tipsnya!

Bekerja saat hamil menjadi tantangan tersendiri bagi perempuan karier. Bukan saja harus tetap fokus dan konsentrasi dalam bekerja, kesehatan diri dan bayi di kandungan pun harus dijaga.

Berikut tips bagi perempuan yang harus tetap bekerja saat hamil agar dapat terhindar dari stres.

Bekerja Saat Hamil Tidak Boleh Melewatkan Jam Makan

Jam makan menjadi hal paling krusial yang tidak boleh dilewatkan oleh ibu hamil. Nutrisi bagi bayi harus tetap terpenuhi meski sang ibu sibuk bekerja. Oleh sebab itu, biasanya ibu hamil disarankan membawa bekal dan camilan sehat sendiri dari rumah agar mudah dinikmati saat di kantor.

Pekerjaan yang menumpuk tidak boleh membuat ibu hamil melupakan makan. Sebisa mungkin penuhi jam makan tanpa perlu menunda-nunda. Ingat, saat perut dibiarkan kosong terlalu lama pun hanya akan membuat konsentrasi bekerja menurun.

Menjaga Kebugaran Tubuh dengan Bergerak

Bekerja saat hamil memang memunculkan banyak dilema. Mulai dari cenderung mudah sensitif, mood kadang naik turun, dan malas bergerak. Kondisi yang serba tidak nyaman ini kerap memengaruhi performa atau kinerja seorang ibu hamil di kantor.

Untuk mengatasinya, biasakan untuk melakukan pergerakan saat bekerja. Rutin bergerak di kantor membantu menjaga kebugaran tubuh ibu hamil. Tak perlu berjalan terlalu jauh, luangkan saja waktu untuk sekadar berkeliling ruangan atau melakukan senam kecil di meja kerja.

Baca Juga: Inspirasi Fashion Bumil: Tetap Bisa Kece saat Ngantor

Bekerja Saat Hamil Sebisa Mungkin Menghindari Sumber Stres

Ibu hamil sangat rentan dengan stres. Jadi, ada baiknya perempuan yang harus tetap bekerja saat hamil bisa menghindari sumber stres yang sering muncul. Kalau pekerjaan menumpuk bisa membuat frustrasi, cobalah untuk memperbaiki manajemen waktu atau berkonsultasi dengan atasan tentang kondisi tubuh dan pikiran.

Kelola juga pikiran agar tidak mudah tersinggung atau marah saat ada rekan kerja melakukan hal kurang berkenan. Sebisa mungkin hindari topik yang sensitif dan bangunlah obrolan yang menyenangkan saja. Bangun pikiran positif sejak dari rumah agar bekerja terasa tanpa banyak beban.

Istirahat Cukup adalah Kunci Penting Jika Bekerja Saat Hamil

Waktu istirahat yang diberikan perusahaan biasanya selama satu jam. Manfaatkan waktu istirahat tersebut sebaik mungkin dengan sejenak mengesampingkan pekerjaan. Setelah jam makan siang, hindari meladeni chatting yang berhubungan dengan pekerjaan agar pikiran rileks.

Kunci penting saat hamil adalah tetap bisa menyamankan diri sendiri meski sedang banyak aktivitas. Ketahuilah kondisi badan atau pikiran saat sudah lelah dan izinkan diri untuk rehat. Jangan memaksakan diri bekerja sampai lupa istirahat ya.

Jadi, bekerja saat hamil pun tetap harus menjaga kondisi badan dan pikiran sebaik mungkin ya. Tetap semangat agar pekerjaan tidak menjadi halangan bagi kondisi kesehatan bayi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here