Yuk Belajar Bisnis dari Bill Gates, Sang Pendiri Microsoft

Belajar mengelola bisnis butuh waktu yang tidak sebentar. Tapi, kalau ingin melakukannya, kamu bisa belajar bisnis dari banyak orang sukses. Salah satunya adalah Bill Gates.

Pendiri Microsoft tersebut merupakan salah satu salah satu pengusaha terkaya di dunia. Kesuksesannya dimulai dari menciptakan sistem operasi komputer yang sekarang banyak digunakan di seluruh dunia, yaitu sistem operasi Windows.

Windows 1.0 dan Windows 2.0 merupakan sistem operasi komputer yang menjadi dasar bagi sistem operasi lainnya yang muncul belakangan. Kedua sistem operasi tersebut tidak dibuat dalam waktu yang singkat. Untuk membuatnya juga memerlukan kegigihan. “Tidak ada yang bisa dibangun hanya dalam satu malam,” kata Bill Gates.

Jika ingin bisnis yang kamu miliki berkembang dan sukses, kamu harus gigih dalam menjalankan bisnismu. Tidak hanya kegigihan, ada beberapa pelajaran bisnis lainnya yang bisa kamu ambil dari kesuksesan Bill Gates dan Microsoft miliknya.

Belajar Pantang Pantang Menyerah dalam Berbisnis

Selain memiliki kegigihan, sebagai pemilik bisnis kamu juga harus pantang menyerah. Jangan mudah berhenti jika mengalami kegagalan. Sebelum Microsoft, Bill Gates dan beberapa kawannya pernah mengalami kerugian saat membangun perusahaan pertamanya.

Ia juga tidak berhenti saat Microsoft mengalami kegagalan. Jika kamu percaya dengan tujuan, lakukan hal itu sampai menjadi kenyataan.

Waktu Sangat Berharga

Bill Gates sangat menjunjung tinggi pepatah yang mengatakan ‘waktu adalah uang’. Waktu yang sudah dijalani hari ini tidak akan pernah terulang kembali. Menurut Bill Gates, siapapun tidak akan bisa membeli waktu. Meskipun ia memiliki uang yang tidak terhingga jumlahnya.

Oleh karenanya, siapapun orangnya hendaknya tidak membuang-buang waktu. Sebaliknya manfaatkan waktu untuk kegiatan yang produktif dan bermanfaat.

Baca Juga: Strategi Konten Marketing kala Pandemi, Harus Jeli Lihat Peluang!

Bergerak dengan Cepat

Karena waktu sangatlah berharga, maka perusahaan atau bisnis hendaknya bergerak dengan cepat. Inovasi juga tidak boleh berhenti. Di sisi lain, hal ini sering menjadi kendala bagi pemilik bisnis. Karena meyakinkan semua yang berkepentingan untuk bergerak cepat bukanlah perkara mudah.

Agar bisa bergerak dengan cepat, pemilik bisnis juga hendaknya harus memiliki visi yang jelas. Selain itu ia harus bisa berpikir beberapa langkah ke depan.

Mau Belajar dari Kesalahan

Menurut Bill Gates, merayakan kesuksesan boleh-boleh saja. Tapi, ada yang lebih penting daripada itu. Yaitu, belajar dari kesalahan yang pernah dibuat. Pemilik bisnis juga sebaiknya tidak terlalu meratapi jika mengalami kegagalan.

Apalagi memutuskan untuk berhenti. Sebaliknya, ia harus mencari penyebab terjadinya kegagalan dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya.

Berani Mengambil Resiko Bisnis

Tidak ada bisnis yang bisa berkembang jika pemiliknya tidak mau mengambil risiko. Semakin besar keinginan untuk sukses, risiko yang harus diambil juga akan semakin besar.

Mengambil risiko pernah dilakukan Bill Gates dengan memperkenalkan Windows. Saat itu, tidak banyak orang tahu tentang sistem yang bisa mengolah data dan menjalankan komputer berdasarkan data-data tersebut.

Memerhatikan Keluhan Pelanggan

Seringkali pemilik bisnis mengabaikan keluhan dari pelanggannya. Alasannya, tidak semua konsumen mengeluhkan hal yang sama. Padahal, kekurangan sebuah produk atau layanan bisa diketahui dari adanya keluhan pelanggan.

Dengan mengetahuinya, pemilik bisnis bisa memperbaiki kekurangan tersebut, atau meningkatkan kualitas produk dan layanannya. “Pelanggan yang tidak puas adalah sumber ilmu yang sangat penting,” kata Bill Gates.

Nah, kalau ingin sukses, kamu bisa belajar mengelola bisnis dari Bill Gates. Jangan pantang menyerah, bergerak cepat dan selalu mau mendengarkan pelanggan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here