Belanja di Bulan Ramadan Tetap Harus Bijak, Ini Tipsnya!

Belanja selama bulan Ramadan biasanya lebih boros daripada bulan-bulan biasa. Banyak pengeluaran tak terduga muncul ketika Ramadan tiba. Misalnya, kebiasaan jajan takjil, acara buka bersama, hingga membeli kebutuhan jelang Lebaran.

Sebenarnya kegiatan belanja di bulan Ramadan masih bisa dikontrol, asalkan kita punya kendali dalam bujeting. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar keuangan selama Ramadan tetap aman. Anti boros, bahkan bisa lebih hemat!

Buat Daftar Belanja

Momen Ramadan sering dimanfaatkan untuk berbuka bersama keluarga di rumah. Ada kalanya sesekali ingin menyediakan menu makanan yang sedikit lebih mewah. Tentu tidak ada yang salah dengan hal ini, hanya saja pastikan buat daftar belanja untuk mengontrolnya.

Selama belanja di bulan Ramadan, sebisa mungkin rutin membuat daftar tiap minggu. Jadi, kita tahu bahan-bahan apa saja yang harus disiapkan untuk menu buka dan sahur tiap hari. Mungkin menu spesial buat berbuka bisa kita siapkan tiap akhir pekan saja.

Sadar Diri Saat Belanja Menu Takjil

Jelang waktu berbuka, banyak sekali menu-menu takjil menggiurkan yang bermunculan. Meski kadang hanya membeli yang murah, kebiasaan selalu membeli takjil ternyata cukup menguras kantong. Apalagi jika takjil yang kita beli jumlahnya banyak karena diperuntukkan dibagikan ke keluarga atau teman.

Kendalikan belanja takjil selama bulan Ramadan dengan membatasi bujetnya. Jangan mudah lapar mata melihat beragam takjil yang dijual. Pikirkan kembali, apakah semua takjil yang diinginkandapat dihabiskan semua atau hanya jadi mubazir.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Menghadapi Godaan Belanja Online yang Bikin Boros

Berburu Promo Ramadan

Tak bisa dipungkiri kita sering kali ingin membeli beberapa barang baru menjelang Lebaran. Terlebih jika mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) dari kantor. Namun, jangan sampai kebutuhan belanja tersebut membengkak hingga melebihi THR yang diterima.

Salah satu cara agar bisa berhemat belanja adalah memanfaatkan promo Ramadan. Carilah promo-promo menarik untuk barang yang kita butuhkan Lebaran nanti. Dengan begitu, bujet persiapan Lebaran pun bisa tersisa dan bisa kita alokasikan untuk pos keuangan lain.

Batasi Acara Buka Bersama

Ramadan sangat identik dengan acara buka bersama, mulai dari kantor hingga reuni teman sekolah. Meski sedang pandemi, rasanya budaya buka bersama ini masih tetap ada. Acara ini tanpa sadar sering menguras kantong paling besar.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin batasi mengikuti buka bersama tersebut. Pilih juga acara yang ingin kamu hadiri, tanpa harus memaksakan diri mengikuti semuanya. Selain untuk menjaga arus kas, pilihan ini juga baik dalam upaya mengurangi sosialisasi berlebihan selama pandemi.

Ingat, kegiatan belanja saat bulan Ramadan tetap berada di bawah kendala kita. Momen setahun sekali memang harus disambut dan dijalani dengan suka cita. Namun, jangan sampai kita menjadi boros dan tidak bijak ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here