Harus ke Supermarket untuk Belanja Saat Wabah Covid-19? Jaga Diri!

Saat pandemik covid-19 atau virus corona melanda, aktivitas ke supermarket untuk belanja untuk belanja ke supermarket menjadi sangat dibatasi mengingat social distancing atau physical distancing sekarang ini sangat dianjurkan untuk menekan penyebaran covid-19. Biarpun begitu, kita tidak bisa melulu terus berada di rumah karena ada berbagai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dan mau tidak mau kamu harus pergi ke supermarket untuk belanjasaat wabah Covid-19

Ada panduan yang dapat kamu ikuti saat belanja ke supermarket saat wabah Covid-19. Ini dilakukan sebelum, selama, dan setelah pergi berbelanja untuk meminimalisir risiko tertular Covid-19.

Untuk mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas, orang tuadianjurkan untuk tidak membawa anak-anak saat belanja ke supermarket. Bahkan kamu dianjurkan untuk berbelanja di luar waktu sibuk untuk menghindari kerumunan.

Dengan cara seperti ini, karyawan supermarket dan pengunjung yang datang pun bisa saling menjaga. Juga, hindari melakukan panic-buying dengan hanya membeli barang-barang yang penting saja.

Dan berikut adalah beberapa panduan saat ke supermarket untuk belanja saat wabah Covid-19:

Baca Juga: Hati-Hati! Masalah Mental Health Mengintai Saat Pandemik Virus Corona

Selama belanja, ada beberapa hal dianjurkan oleh ahli kesehatan untuk kamu lakukan. Seperti hal-hal di bawah ini:

  • Pertama-tama tentu saja kamu perlu memakai masker. Selain itu, kamu juga perlu jaga jarak aman antara staf dan pembeli lain, termasuk rute masuk dan keluar supermarket.
  • Bawa hand sanitizer sendiri karena jika kamu menenteng keranjang atau troli, kamu perlu menggunakannya untuk meminimalisir kontaminasi dengan virus corona.
  • Hindari kontak dengan permukaan apapun.
  • Jangan menunda saat berbelanja seperti dengan mengobrol dengan tetangga, teman, atau staf supermarket.
  • Bila berencana untuk tinggal di rumah untuk waktu lama, pertimbangkan untuk membeli makanan yang tidak mudah busuk seperti makanan kalengan, dry-mix yang tidak perlu kulkas, seperti daging kalengan, buah, dan sayuran. Namun begitu, pastikan kamu membeli sesuatu yang kamu suka dan akan digunakan.
  • Lakukan pembayaran tanpa kontak bila memungkinkan.
  • Gunakan tangan yang sama untuk mengaplikasikan hand sanitizer saat meninggalkan supermarket.

Setelah berbelanja, ada beberapa hal yang dianjurkan oleh ahli kesehatan dan perlu kamu lakukan, yaitu,

  • Cuci tangan dan bersihkan tangan lagi setelah sampai di rumah. Kemudian, tetapkan area yang telah dibersihkan dan didesinfeksi untuk memilih belanjaan.
  • Sebelum mengisi kulkas dan lemari, lap terlebih dulu dengan sanitizer dan tisu, lalu buang tisunya.
  • Ada baiknya untuk bersihkan semua kaleng dan kemasan permukaan yang keras.
  • Lepaskan kemasan makanan bagian luar, lalu buang. Berhati-hatilah untuk membatasi memegang kemasan bagian dalam dari barang-barang seperti yogurt.
  • Bersihkan handle lemari kulkas dan lemari makanan dengan sanitizer, tisu, lalu buang. Cara ini penting dilakukan untuk menjaga kebersihkan permukaan benda yang seringkali kamu pegang.
  • Cuci tangan lagi setelah kemu membongkar dan menyimpan tas belanja. Dengan cara seperti ini kamu dapat meminimalisir tertular virus setelah berbelanja ke supermarket saat wabah Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here