4 Tips Berbisnis dengan Teman, Dijamin Ampuh Meraih Kesuksesan!

berbisnis dengan teman
Sumber : Entreprenur

Pekerjaan yang dilakukan bersama-sama tentunya akan terasa lebih ringan, begitu juga dengan bisnis. Pada banyak aspek, tentunya lebih mudah menjalankan bisnis bersama orang lain daripada dijalankan sendirian. Berbisnis dengan teman bisa menjadi alternatif yang baik bagi Anda yang tak ingin berbisnis sendirian. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dari berbisnis dengan teman, di antaranya bisa berbagi modal, kerugian tidak ditanggung sendiri, memiliki teman diskusi, serta pekerjaan terasa lebih ringan dan menyenangkan. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa sering sekali berbisnis dengan teman menjadi batu sandungan jika tak mampu mengenyampingkan ego masing-masing.

Ikuti 4 Tips Ampuh Ini Jika Anda Ingin Langgeng Berbisnis dengan Teman dan Keuntungan Berlimpah Ruah!

Kenali Betul Teman Anda

Sumber : nerdwallet

Sebelum memutuskan untuk mengajak teman berbisnis bersama, pastikan Anda benar-benar mengenal teman Anda. Sebagai poin plus, pastikan juga Anda memiliki kesenangan ataupun kecocokan dengan teman yang akan Anda ajak berbisnis. Sebaiknya, Anda memilih teman berbisnis yang jujur, bertanggung jawab, serta dapat dipercaya untuk menghindari berbagai permasalahan yang mungkin timbul dan bisa-bisa merugikan Anda.

Baca Juga: Dijamin Sukses, Coba 6 Tips Ampuh Berbisnis bagi Pemula Ini!

Bisnis adalah Bisnis, Teman adalah Teman

Berbisnis dengan teman bukan berarti Anda boleh menyampingkan profesionalitas. Walaupun rekan bisnis adalah teman sendiri, Anda harus mampu tetap bersikap tegas dan menjunjung profesionalitas Anda dalam berbisnis. Anda harus belajar untuk mampu mengelola permasalahan agar tetap mengedepankan profesionalitas, juga tidak melupakan hubungan persahabatan. Sulit memang, namun jika Anda sudah mampu mengelolanya dengan baik dan terbiasa, menjalankan bisnis akan terasa lebih menyenangkan karena Anda bekerjasama dengan teman yang biasanya akan lebih mudah menyatukan pikiran karena telah terikat hubungan persahabatan sebelumnya.

Saling Transparan dan Terbuka sejak Awal dan Seterusnya

menjalin pertemanan
sumber: tribunnews

Sejak awal mulai berbisnis dengan teman, Anda dan teman sebaiknya membuat kesepakatan-kesepakatan yang akan dijalankan nantinya selama berbisnis. Pastikan juga Anda mendiskusikan setiap hak dan kewajiban masing-masing, pembagian modal dan keuntungan, keterlibatan, serta segala peraturan. Diskusikan sejak awal dengan terbuka dan transparan untuk menghindari segala kesalahpahaman dan kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Di samping itu, setiap permasalahan yang timbul sebaiknya langsung didiskusikan secara terbuka tanpa ada yang ditutup-tutupi untuk kepentingan bersama juga demi kelancaran bisnis.

Jangan Segan, Buatlah Kontrak Bisnis

berbisnis dengan teman
Sumber : youngmoneymakertips

Meskipun rekan bisnis Anda adalah teman sendiri, membuat sebuah kontrak bisnis sangatlah penting dilakukan dalam berbisnis dengan teman. Pembuatan kontrak bisnis juga merupakan tanda profesionalitas Anda sebagai pebisnis, jadi jangan takut kalau-kalau perasaan teman tersakiti. Sebaiknya, Anda menjelaskan terlebih dahulu mengenai pentingnya kontrak dalam dunia bisnis karena kontrak bisnis pun dibuat untuk melindungi kedua belah pihak untuk menghindari segala permasalahan di hari mendatang.

Kini, Anda sudah tahu tips ampuh menjalankan bisnis dengan teman agar meraih kesuksesan, bukan? Lantas, apakah Anda tertarik? Jika Anda hendak memulainya sekarang, jangan lupa untuk mengedepankan profesionalitas juga persahabatan. Cerdaslah mengelola berbagai konflik dengan seimbang sehingga bisnis tetap lancar, persahabatan pun makin erat.

Good luck!

Beri komentar Anda tentang artikel ini