4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berbisnis dengan Teman Sendiri

Berbisnis dengan teman memang terdengar sangat menyenangkan, tapi kenyataannya ini benar-benar sulit. Membangun bisnis bersama teman, sangatlah tricky karena banyak sekali godaan yang membuat bisnis tersebut tidak berkembang. Seringkali saling sungkan untuk memberikan feedback, menolak ide, atau kordinasi yang terlalu santai malah membuat kemajuan bisnis menghambat.

Namun meskipun begitu, bukan berarti sebuah bisnis yang dibangun bersama teman sendiri belum tentu tidak akan sukses besar. Sebaliknya, banyak juga kasus yang menggambarkan bagaimana bisnis makanan sangat sulit untuk settle dan berakhir dengan gulung tikar alias bangkrut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan saat kamu akan berbisnis dengan teman sendiri:

Selektif Memilih Teman sebagai Rekan Bisnis

Kamu mungkin berteman baik dengan orang tersebut, namun pertimbangkanlah apakah temanmu cocok untuk dijadikan rekan bisnis. Jangan karena dia adalah teman terdekat, kamu memutuskan untuk berbisnis dengannya.

Setidaknya teman ada harus memiliki motivasi untuk berbisnis dan juga keahlian. Jika hanya mengandalkan hubungan pertemanan saja, maka bisnis tidak akan berjalan dengan baik.

Dalam Berbisnis Dia Bukanlah Teman, Tapi Rekan

Ingatlah dunia bisnis tidak mengenal teman, jika kamu bermaksud mengajaknya berbisnis maka dia adalah rekan bisnis bukan temanmu. Tujuan berbisnis berbeda dengan tujuan dari suatu pertemanan.

Baca Juga: Mengelola Bisnis Musiman Secara Tepat agar Bisa Meraup Untung Besar

Dalam bisnis meningkatkan profitabilitas adalah sorotan utama. Sehingga ada baiknya kamu memposisikan temanmu sebagai rekan berbisnis bukan teman.

Luangkan Waktu Hangout Bersamanya sebagai Teman di Luar Bisnis

Untuk tetap menjaga hubungan pertemanan kalian, cobalah luangkan waktu untuk tetap menghabiskan waktu dengannya sebagai teman.

Jangan gunakan waktu bekerja sebagai waktu hangout dengannya. Cari waktu yang berbeda, dan pergilah bermain seperti biasanya. Pastikan kalian masih memiliki momen menyenangkan sebagai teman. Jadi, pertemuan kalian tidak melulu mengenai bisnis ya!

Masalah Diselesaikan Secara Profesional

Mungkin salah satu kesulitan berbisnis dengan teman adalah ketika kamu merasa sungkan untuk menegur temanmu. Kondisi tersebut akan membuat masalah dalam bisnis sulit terpecahkan.

Sebaiknya selesaikan masalah secara profesional tanpa ada rasa sungkan pada temanmu. Pisahkanlah masalah pribadi dan profesional. Dengan demikian baik hubungan pertemanan dan bisnis kalian akan berjalan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here