Agar Untung Besar, Ini Tips Berbisnis Kuliner dengan Food Truck

Berbisnis kuliner dengan menggunakan food truck sedang banyak digemari. Pasalnya, food truck memberikan kepraktisan dalam menawarkan makanan. Namun, banyak juga pebisnis yang rugi setelah memilih berjualan makanan dengan menggunakan food truck. Apa penyebabnya?

Food truck sebenarnya memudahkan kamu untuk berbisnis kuliner. Dengan menggunakan food truck kamu tidak perlu mencari lokasi permanen, sehingga bisa mengirit biaya. Kamu juga bisa mencari lokasi yang ramai kapan saja kamu mau.

Namun, agar bisa untung besar, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar bisnis food truck mendatangkan keuntungan.

Memilih Truk yang Tepat untuk Berbisnis Food Truck

Pengeluaran terbesar dalam berbisnis kuliner dengan menggunakan food truck adalah pengadaan truk. Oleh karena itu, kamu perlu memilih truk yang sesuai dengan bujet yang ada.

Selain itu, pastikan truk yang digunakan bisa mendukung keperluanmu dalam berjualan makanan. Seperti, ketersediaan dapur, area bahan baku makanan, dan area melayani pembeli.

Kreatif dalam Memilih Menu

Tawarkanlah menu makanan yang lain daripada bisnis kuliner lainnya. Untuk itu, kamu harus kreatif dalam membuat dan menyusun menu. Perhatikan pula faktor kepraktisan.

Makanan yang dijual di food truck biasanya makanan yang mudah untuk dibawa pulang, atau tidak merepotkan pembeli kalau ingin menyantapnya di tempat.

Baca Juga: Ingin Berbisnis Minuman Kekinian? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Gunakan Media Sosial untuk Menarik Pembeli

Media sosial bisa membantu dalam memperkenalkan menu-menu yang kamu jual. Selain itu, beragam informasi juga bisa kamu kabarkan lewat media sosial, seperti lokasi berjualan, diskon atau menu-menu baru.

Media sosial juga bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan komunitas. Jadi, optimalkan media sosial kalau kamu berbisnis makanan dengan menggunakan food truck.

Ikuti Special Event

Selain menjual menu-menu makanan di lokasi-lokasi biasanya, kamu juga bisa mengikuti acara-acara khusus yang biasanya digelar oleh organisasi, perusahaan atau pihak-pihak lainnya.

Selain menambah pemasukan, acara khusus seperti ini juga menjadi sarana memperkenalkan brand yang kamu miliki.

Perlakukan Food Truck seperti Restoran

Meski menjual kepraktisan dalam menyediakan makanan, kamu harus tetap mengelola food truck-mu layakanya sebuah restoran. Pastikan di sekitar food truck terdapat meja dan kursi dine-in meski dalam jumlah yang terbatas. Demikian pula dengan perlengkapan lainnya.

Selain itu, meski kamu bisa berpindah tempat, pastikan lokasi berjualanmu bersih dan sehat. Baik sebelum berjualan ataupun saat akan kamu tinggalkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here