Tips Berhenti Ngemil agar Berat Badan Tidak Naik Drastis

berhenti ngemil
Sumber : Menken Orlando

Ngemil memang menjadi aktivitas yang mengasyikkan ketika sedang santai maupun sibuk. Apalagi jika ada camilan favorit porsi besar yang tersedia di hadapan Anda. Sudah pasti keinginan untuk ngemil jadi sulit ditahan. Padahal, banyak alasan yang justru membuat Anda harus berhenti ngemil.

Kalau Anda termasuk orang yang susah berhenti ngemil, sebaiknya Anda mempraktikkan tips-tips ini.

Agar berat badan Anda tak naik drastis akibat terlalu sering ngemil:

Makan hingga Kenyang

Sumber : Weekender

Kecenderungan untuk ngemil memang semakin besar jika Anda sedang dalam keadaan lapar. Meskipun belum tentu Anda jadi kenyang setelah menyantap camilan. Sebaiknya Anda makan hingga kenyang supaya tidak tergoda untuk ngemil. Pastikan bahwa Anda mengonsumsi makanan berat yang kandungan gizinya seimbang. Sehingga rasa kenyang tersebut dapat bertahan lebih lama.

Baca Juga: Gagal Diet dan Tetap Gemuk? Mungkin Ini Penyebab Utamanya!

Mencatat Camilan yang Sudah Dimakan

Sumber : Kidding Arround Greenville

Kalau ingin berhenti ngemil lebih cepat, sebaiknya Anda membiasakan diri mencatat camilan yang sudah dimakan. Dengan demikian, Anda lebih mudah menyadari jika konsumsi camilan sudah mulai berlebihan. Tingkat kewaspadaan terhadap konsumsi camilan pun akan meningkat. Kemungkinan besar Anda akan menghindari camilan jika merasa sudah ngemil terlalu banyak.

Minum Air Lebih Banyak

Benarkah Terlalu Banyak Minum Air Tidak Baik Untuk Otak? Ini Jawabannya!
Sumber: Food.ndtv

Keinginan untuk ngemil memang sering tidak bisa ditahan. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan cara minum air lebih banyak. Kadang-kadang, tubuh keliru membedakan sinyal lapar dan haus dari otak. Jadi, sebaiknya Anda minum segelas air sebelum memutuskan untuk ngemil. Bila Anda hanya haus, keinginan untuk ngemil akan hilang setelah minum segelas air.

Jangan Ngemil sambil Beraktivitas

Sumber : Hezuolik

Kebiasaan ngemil sambil beraktivitas juga menjadi biang keladi kenaikan berat badan. Banyak orang terbiasa ngemil sambil bekerja, nonton TV, atau melakukan aktivitas lainnya. Hal tersebut cukup berbahaya bagi kesehatan. Karena kesibukan tersebut membuat Anda akan menyantap camilan lebih banyak. Sebaiknya Anda selalu fokus dengan aktivitas yang sedang Anda jalankan. Jangan tergoda untuk ngemil sambil melakukan berbagai aktivitas.

Camilan Bukanlah Hadiah yang Tepat

Sumber : Lake Champlain Chocolates

Banyak orang menghadiahi diri sendiri atau orang-orang terdekat dengan camilan sebagai bentuk penghargaan. Misalnya, menikmati sebungkus besar keripik kentang setelah menyelesaikan pekerjaan. Sebaiknya kebiasaan yang satu ini mulai Anda jauhi. Karena hadiah camilan yang akan membuat Anda kesulitan berhenti ngemil. Cobalah memberikan bentuk apresiasi lainnya yang lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Jadi, kapan rencananya Anda mendisiplinkan diri untuk berhenti ngemil?

Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena mudah sakit atau mengalami kelebihan berat badan, ya.

Beri komentar Anda tentang artikel ini