Anti Gerah, Inilah Beberapa Tips Berhijab di saat Cuaca Sedang Panas!

tips berhijab

Busana bagi mereka yang mengenakan jilbab atau hijab, tentu berbeda dengan pakaian wanita lainnya. Mereka yang berhijab harus mengenakan penutup kepala dan juga busana yang serba tertutup. Pakaian semacam itu kerap memicu rasa gerah, terutama di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Cuaca panas itu sendiri kerap membuat sebagian orang malas beraktivitas di luar rumah. Namun sebenarnya, hal itu tidak akan terjadi jika kita memilih busana yang tepat, serta memperbaiki kualitas kesehatan. Seperti yang dikutip dari laman Alodokter, cuaca panas tidak hanya mengganggu kenyamanan, tapi juga dapat memicu kelelahan dan beberapa kondisi lain. Dikutip dari Kompas, berikut ini adalah beberapa tips berhijab tanpa rasa gerah walau cuaca sedang terik.

Tips Berhijab di saat Cuaca Sedang Terik

1. Pilih Bahan yang Tepat

menjaga kesehatan rambut wanita berhijab
Sumber : aboutislam

Selain harus menutup aurat, hal yang perlu diperhatikan saat memilih busana hijab adalah bahan yang digunakan. Ada berbagai macam bahan yang dipakai untuk membuat pakaian, namun tidak semuanya cocok untuk dikenakan di cuaca yang panas. Bahkan, beberapa bahan cenderung menjebak panas pada kulit, yang memantulkan panas kembali ke tubuh, dan menghambat keluarnya udara panas. Dan jenis bahan tersebut biasanya terbuat dari serat sintetis. Sifat dari bahan ini juga tidak menyerap keringat. Oleh karenanya, pilihlah bahan yang terbuat dari serat alami. Bahan jenis ini tentunya bisa memperlancar sirkulasi udara pada kulit dan menyerap keringat.

Baca Juga: 4 Model Jumpsuit untuk Para Hijabers agar Terlihat Lebih Menawan Nan Stylish

2. Perhatikan Model yang Cocok

Sumber: pinterest

Setelah mengetahui jenis bahan yang cocok dengan cuaca panas, langkah selanjutnya adalah memilih model busana. Sebaiknya hindari model busana yang ketat karena nantinya bisa mengiritasi kulit. Untuk meminimalisasi hal tersebut, lebih baik kenakan busana yang longgar agar mengurangi gesekan pada kulit.

3. Menjaga Kesegaran Tubuh

Tips berhijab saat cuaca panas yang terakhir adalah dengan menjaga kesegaran tubuh. Selain memakai busana yang tepat, Anda tentunya juga akan merasakan kesegaran saat cuaca panas dengan menjaga kebersihan tubuh, hal ini bisa dilakukan dengan mandi dua kali sehari. Anda pun disarankan untuk memakai warna pakaian yang cerah, karena pakaian gelap cenderung menyerap panas. Terlebih, bila Anda memakai pakaian ketat yang akan menghambat keringat menguap. Selain itu, salah satu hal penting yang harus dijaga kebersihannya adalah kepala. Memakai hijab selama berjam-jam pastinya bisa membuat rambut lepek. Oleh karena itu, Anda harus rajin mencuci rambut tiga kali seminggu atau ketika rambut dirasa sudah mulai berminyak. Tak lupa, gunakan shampo yang tepat agar rambut selalu sehat.