Ingin Berkarir Sesuai Passion Anda? Wujudkan dengan 4 Hal Ini

berkarir sesuai passion

Banyak yang mengatakan bahwa “living the dream” adalah cara hidup yang dicita-citakan banyak orang. Bayangkan saja, berkarir seperti para ilustrator yang pekerjaannya terlihat menyenangkan tetapi nyatanya mereka tetap dapat memenuhi semua kebutuhan hidup. Atau mereka yang gemar berbicara dan bercanda juga tetap dapat hidup dengan berkarir sebagai penyiar radio atau pembawa acara.

Apabila Anda membayangkan untuk menjadikan passion Anda menjadi karir tetap atau sekedar pekerjaan paruh waktu, Anda harus sadar bahwa hal ini tidak dengan mudah dapat Anda wujudkan. Jika Anda memerhatikan lebih detail lagi, mereka yang kini “living the dream” tidak hanya melakukan hal-hal yang mendukung tersebut setiap hari, mereka juga memiliki keberanian untuk memulai dan menentukan pilihan hidup mereka. Jadi, jika Anda bertanya-tanya apakah Anda dapat mengubah obsesi Anda menjadi karier – inilah beberapa saran yang dapat membantu Anda mewujudkannya:

Baca Juga:Bagaimana Caranya Sukses Bekerja Tanpa Gelar Sarjana

Ambil Langkah Pasti pada Hobi Anda

Sumber: Vice Video

Orang-orang yang berhasil mengubah passion menjadi karier dimulai dengan fokus membagi waktu mereka untuk pekerjaan yang kini mereka jalani dengan hobi mereka. Sesibuk apapun diri Anda, jika tekad Anda sudah bulat, maka Anda pasti akan menemukan waktu untuk hobi tersebut. Beberapa hal yang dapat membantu antara lain: cari referensi melalui internet mengenai hobi Anda; semisal Anda gemar menggambar, maka Anda dapat mencari referensi illustrator yang Anda suka dan latar belakang mereka membuat karya. Selanjutnya latihlah diri Anda, lalu mulai pasarkan ke teman-teman terdekat Anda dahulu. Contohnya, jika Anda hendak menjadi fotografer, tawari teman dekat Anda untuk menggunakan jasa Anda sebagai fotografer namun kali ini tanpa bayaran dulu. Nah, setelah itu mintalah teman Anda mempromosikan jasa Anda tersebut ke teman-teman lainnya. Setelah itu, buat situs web bisnis Anda sendiri. Dengan melakukan 15 menit sehari pada hobi Anda, niscaya kemampuan Anda akan semakin terasah dan impian Anda akan dapat terwujud.

Pelajari Lebih Dalam

Sumber: Dissolve

Anggap saja Anda memiliki hobi mendesain pakaian dan menginginkan agar memiliki lini fashion sendiri. Maka cobalah untuk berlatih sendiri atau ikuti kursus-kursus yang mendukung passion tersebut. Bahkan jika Anda benar-benar menginginkan untuk mempelajarinya secara lebih serius, tidak ada salahnya mengambil kelas khusus di Universita agar ilmu yang Anda inginkan untuk berkarir di bidang tersebut tercukupi untuk mendukung Anda mewujudkan karir impian.

Rencanakan Keuangan

Sumber: vancouverhome.builders

Sebelum memutuskan untuk berkarir sesuai passion Anda, Anda juga mungkin harus melakukan pekerjaan lain terlebih dahulu untuk membiayai bisnis Anda. Tapi pastikan agar pekerjaan tersebut malah membuatmu mengubur dalam-dalam passion Anda. Rencanakanlah keuangan sebanyak 6 bulan, 12 bulan, dan 5 tahun pada passion Anda karena mungkin untuk berkarir pada bidang tersebut Anda butuh biaya kursus terlebih dahulu. Kemudian jika persiapan sudah cukup mantap, Anda dapat memulai usaha tersebut dengan melakukan permohonan peminjaman uang.

Dekati Orang-Orang di Industri Anda

Sumber: sitegallery.org

Siapkan buku catatan Anda dan pergilah untuk melakukan wawancara dengan beberapa orang yang berkarir mirip dengan apa yang Anda inginkan. Misalnya jika Anda ingin menjadi ilustrator atau desainer aksesori fashion, Anda dapat datang ke acara yang di mana mereka berkumpul. Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka memulai karir, berapa banyak uang yang mereka hasilkan, bahkan kegagalan apa yang mungkin pernah mereka buat dan menjadikan mereka seperti sekarang ini. Gunakan riset santai ini untuk mencari visi tentang karir baru Anda dan tujuan Anda. Selain itu, dengan mendengarkan pengalaman dari mereka yang dapat sudah dikatakan mantap berkarir di bidang tersebut, hal ini juga dapat membangkitkan semangat Anda untuk segera memfokuskan diri pada rencana Anda.

Baca Juga: Agar Tidak Monoton, Beri Kado untuk Si Dia Berdasarkan Hobinya Yuk!

Memang tidak mudah memulai sesuatu dari awal, karena mungkin Anda akan menemukan banyak sekali halang rintang. Namun, itu semua hadir untuk membantu Anda menemukan sisi Anda yang sebenarnya, atau bahkan karir Anda yang seharusnya.

Beri komentar Anda tentang artikel ini